Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina Melalui Ciri Berikut

Bagaimana cara membedakan ikan arwana jantan dan betina

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan air tawar yang dijadikan ikan hias. Bentuk serta warnanya yang indah membuat ikan Arwana begitu digemari. Arwana merupakan ikan asli Indonesia yang memiliki habitat di sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Bagi yang ingin memelihara ikan Arwana, tentu saja yang diperhatikan selain warna serta bentuk tubuhnya adalah perbedaan ikan Arwana jantan dan betina.

Ikan ini dipercaya oleh sebagian orang sebagai ikan yang mendatangkan hoki atau keberuntungan terutama ikan arwana super red dengan warna tubuh merah cerah. Oleh karena itu, harga ikan Arwana yang bagus dan bibit unggul bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekornya. Tingginya harga ikan Arwana ini membuat banyak orang mulai membudidayakan ikan Arwana sebagai bisnis usahanya.

6 Perbedaan Ikan Arwana Jantan dan Betina dari Fisiknya


1. Perbedaan Bentuk Tubuh

Ikan Arwana jantan memiliki bentuk tubuh yang memanjang dari kepala menuju ekornya serta tubuh yang sedikit ramping. Sedangkan ikan Arwana betina memiliki bentuk tubuh yang melebar dari sirip bawah ke bagian punggungnya. Perbedaan ini memang lebih susah di identifikasi karena perbedaan ukurannya tidaklah terlalu signifikan. Akan tetapi jika diperhatikan, maka perbedaan keduanya akan tampak jelas.

2. Perbedaan Bentuk Kepala Ikan Arwana Jantan dan Betina

Perbedaan ikan Arwana yang betina dan jantan yang lainnya dapat diperhatikan dari bentuk kepalanya. Ikan Arwana jantan memiliki bentuk kepala yang cenderung lonjong atau runcing, sedangkan ikan Arwana betina memiliki bentuk kepala yang cenderung bulat. Perbedaan pada kepala kedua ikan Arwana ini akan lebih jelas jika di lihat dari atas kepala karena dari atas akan tampak postur dan volume kepalanya.

3. Perbedaan Bentuk Sirip pada Punggung Ikan Arwana Betina dan Jantan

Ikan Arwana jantan memiliki bentuk sirip yang memanjang dan runcing serta lebih tajam. Bentuk serta tekstur sirip tersebut berguna sebagai alat pertahan diri ikan Arwana jantan. Berbeda dengan ikan Arwana betina yang memiliki bentuk sirip yang cenderung melebar. Perbedaan ikan Arwana jantan dan betina satu ini akan tampak apabila masing-masing ikan melebarkan siripnya ketika berenang.

Baca juga: Panduan Cara Budidaya Ikan Arwana untuk pemula

4. Memperhatikan Lebar Penutup Insang

Penutup insang pada ikan Arwana atau disebut Operculum ini ternyata dapat digunakan untuk membedakan ikan Arwana betina dengan jantannya. Penutup insang pada keduanya sama-sama membentuk huruf A yang terhubung antara penutup insang dengan lapisan di dekat pipi. Pada ikan Arwana betina, penutup insang yang berbentuk A tersebut akan lebih lebar daripada huruf A pada jantan.

5. Perbedaan Ukuran Rahang Antara Ikan Arwana Betina dan Jantan

Ikan Arwana betina memiliki ukuran rahang yang lebih dangkal dan lebih sempit sedangkan ikan Arwana jantan memiliki ukuran rahang yang lebih dalam, luas, serta lebar. Hal tersebut untuk sistem pertahanan Arwana jantan ketika mencari makan dan ikan Arwana jantan biasanya akan menyimpan anaknya di dalam mulut ketika masih kecil atau baru menetas. Sedangkan ikan Arwana betina tidak melakukannya.

6. Cara Berenang Antara Ikan Arwana Jantan dan Betina

Perbedaan ikan Arwana jantan dan betina ternyata dapat di lihat dari cara keduanya berenang. Ikan Arwana jantan akan berenang lebih indah dan gemulai karena bentuk tubuhnya yang lebih ramping dan panjang. berbeda dengan ikan Arwana betina yang cenderung kaku. Itulah mengapa lebih banyak orang memilih memelihara ikan Arwana jantan khususnya yang diletakkan di dalam akuarium sebagai ikan hias.

Baca juga: Mengenal Ikan Arwana dan Jenis-jenisnya

Di atas merupakan 6 cara untuk membedakan ikan Arwana jantan dan betina. Untuk membedakannya memang bisa dilihat dari berbagai sisi. Namun, membedakannya akan lebih mudah jika Anda sudah terbiasa.

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina Melalui Ciri Berikut. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina Melalui Ciri Berikut"