5 Perbedaan Ikan Lemon Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Lemon Jantan dan Betina

Sebagai pecinta ikan, maka sudah hal yang wajar jika Anda mengetahui perbedaan ikan lemon jantan dan betina. Ikan lemon merupakan ikan dengan warna khas kuning. Ikan jenis ini hadir dengan warna yang indah dan cantik. Selain memiliki warna yang cantik, ikan jenis ini juga sangat populer sekali, sehingga tidak heran jika banyak yang memelihara.

Selain itu, ikan lemon memiliki harga yang relatif terjangkau. Siapa saja bisa membeli ikan jenis ini. Ikan lemon merupakan jenis ikan yang berasal dari Negara Afrika. Meskipun demikian, ikan lemon yang Anda jumpai di toko tersebut merupakan ikan lemon hasil budidaya petani Indonesia sendiri. berikut cara mudah membedakan ikan lemon jantan dan betina.

Perbedaan ikan lemon jantan dan betina yang wajib Anda ketahui


cara membedakan ikan lemon jantan dan betina

1. Perbedaan pada wana kuningnya


Kita semua tentu sudah tahu, jika ikan lemon merupakan ikan yang memiliki warna kuning, cerah nan menarik. Akan tetapi, apakah kita semua mengetahui jika ternyata antara ikan lemon jantan, dan ikan lemon betina memiliki perbedaan pada warna kuningnya?

Perlu diketahui, jika ternyataa ikan lemon jantan dan ikan lemon betina hadir dengan warna kuning yang berbeda. Ikan lemon jantan hadir dengan warna kuning yang lebih cerah. Warna kuning yang dimiliki ikan lemon jantan ini lebih cerah mencolok, dibandingkan warna kuning pada ikan lemon betina.

Lalu bagaimana dengan warna kuning pada ikan lemon betina? Sudah pasti, jika ikan lemon betina memiliki warna kuning yang lebih kusam.

Baca juga: Daftar Harga Ikan Lemon

2. Perbedaan dari ukuran tubuh ikan


Perbedaan ikan lemon jantan dan betina yang kedua bisa dilihat dari perbedaan ukuran tubuhnya. Meskipun sama-sama jenis ikan lemon, ternyata keduanya memiliki ukuran panjang tubuh yang berbeda.

Untuk ikan lemon jantan, memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, serta lebih panjang. Dengan hal ini, bisa dipastikan jika ukuran tubuh pada ikan lemon betina lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan lemon jantan.

3. Perbedaan dari ukuran sirip


Bahkan, bagian sirip antara ikan lemon jantan, dengan betina juga berbeda. Jika Anda merupakan pecinta ikan, maka Anda harus mengerti perbedaan antara kedunya. Untuk ikan lemon jantan memiliki ukuran sirip yang lebih besar, serta lebih panjang.

Lalu bagaimana dengan ukuran sirip pada ikan lemon betina? Mengenai ukuran sirip pada ikan lemon betina, ikan lemon betina ini memiliki sirip atas, serta sirip bawah berwarna kuning.

Untuk itu, ketika Anda menemukan ikan lemon yang memiliki sirip berwarna kuning, maka bisa dipastikan jika ikan tersebut merupakan ikan lemon betina. Cukup mudah bukan membedakannya?

4. Perbedaan dari sirip bagian perut


Perbedaan ikan lemon jantan dan betina selanjutnya bisa dilihat dari bagian sirip perut. Untuk ikan lemon jantan, hadir dengan ukuran sirip perut yang lebih panjang. Sedangkan, untuk ikan lemon betina, memiliki sirip perut yang lebih pendek jika dibandingkan dengan ikan lemon jantan.

Melihat perbedaan berdasarkan ukuran sirip perut ini, kami kira sangat mudah sekali dilakukan, sehingga tidak dibutuhkan teknis khusus terkait dengan cara membedakannya.

Baca juga: Tips Memelihara Ikan Hias Lemon

5. Perbedaan dari ukuran kepala


Ternyata, ukuran kepala antara ikan lemon jantan, serta ikan lemon betina ini juga berbeda. Ukuran kepala antara keduanya juga sangat mudah Anda bedakan. Ikan lemon jantan, memiliki ukuran kepala yang lebih besar.

Dengan demikian, sudah pasti jika Anda melihat dua ikan lemon dan salah satunya memiliki ukuran kepala yang kecil, sudah dipastikan jika ikan tersebut merupakan ikan lemon betina.

Nah demikian artikel tentang perbedaan ikan melon jantan dan betina. selanjutnya bisa anda baca juga Cara budidaya ikan lemon untuk pemula

Labels: Ikan lemon

Thanks for reading 5 Perbedaan Ikan Lemon Jantan dan Betina. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Perbedaan Ikan Lemon Jantan dan Betina"