Ini dia Perbedaan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Ini cara melihat Perbedaan ikan mas koki jantan dan betina secara mudah

Jika Anda hendak memulai sebuah usaha pemijahan ikan, maka hal pertama yang harus Anda ketahui yaitu memahami jenis kelamin ikan itu sendiri. Sama halnya ketika memulai budidaya ikan mas koki, Anda harus bisa mengerti perbedaan ikan mas koki jantan dan betina. Hal itu dikarenakan mengetahui perbedaan keduanya merupakan tahap awal dalam melakukan pemijahan.

Untuk mengetahui perbedaan antara ikan mas koki jantan, dan betina ternyata cukup mudah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya. Simak baik-baik uraian berikut ini.

Perbedaan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina dari Fisiknya


cara membedakan ikan hias mas koki jantan dan betina

1. Memiliki bentuk tubuh yang berbeda

Sama halnya dengan spesies ikan lainnya, bentuk tubuh antara ikan mas koki jantan dengan betina ini juga memiliki perbedaan yang khusus. Perbedaan tersebut akan semakin terlihat ketika kedua ikan dilihat dari sudut pandang atas.

Ketika dilihat dari sudut atas, ikan mas koki jantan hadir dengan bentuk tubuh cenderung langsing atau ramping. Di sisi lain, ikan koki betina memiliki bentuk tubuh yang lebih gendut, khususnya jika dilihat dari bagian perutnya.

bentuk postur tubuh yang ada pada ikan mas koki betina sangat berbeda dengan ikan mas koki jantan. Dimana, ikan mas koki betina akan cenderung memiliki bentuk tubuh bulat, serta sedikit gendut. Jika Anda membedakannya secara langsung, maka Anda akan melihat secara jelas perbedaannya.

2. Melihat Perbedaan Bintik-Bintik

Cara melihat perbedaan ikan mas koki jantan dan betina yang kedua yaitu dengan melihat perbedaan pada bintik-bintiknya. Anda semua pasti sudah mengetahui, jika ikan mas koki ini merupakan jenis ikan yang memiliki bintik-bintik pada bagian tubunnya.

Dengan demikian, maka Anda bisa membedakannya dengan melihat perbedaan pada bagian bintik-bintiknya. Melihat perbedaan pada bintik-bintiknya ini ternyata cukup mudah dilakukan.

Jika dilihat lebih lanjut, Anda akan melihat jika terdapat ikan mas koki yang memiliki bintik-bintik putih pada kedua sirip bagian depan, serta terdapat juga yang tidak memilikinya. Akan terlihat bintik-bintik putih pada bagian sirip depan ikan koki.

Dengan demikian, maka bisa dipastikan jika jenis ikan tersebut merupakan jenis ikan mas koki yang memiliki jenis kelamin jantan. Di sisi lain, jika bintik putih tadi tidak terlihat, maka bisa dipastikan jika ikan mas koki tersebut, merupakan ikan mas koki betina.

Baca juga: Tips Memelihara Ikan Mas Koki untuk pemula

3. Melihat perbedana dari penampang anus

Perlu diketahui jika ikan mas koki jantan, serta betina ternyata juga memiliki perbedaan pada penampang anusnya. Perbedaan ini akan terlihat dengan jelas ketika anda melihat dari bagian samping.

Untuk jenis ikan mas koki jantan, memiliki jenis anus yang cenderung lebih homogen. Sementara, untuk ikan mas koki betina memiliki jenis anus yang relatif akan menonjol ke luar.

4. Melihat perbedana dari tingkah laku ketika sedang birahi

Cara melihat perbedaan ikan mas koki jantan dan betina yang terakhir yaitu dengan melihat perbedaan ketika sedang birahi. Ketika sedang birahi, kedua ikan mas koki tersebut ternyata memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Jika sudah memasuki mas perkawinan, maka kedua ikan mas koki tersebut memiliki tingkah laku yang berbeda. Tingkah laku antara keduanya sangatlah berbeda. Ikan mas koki jantan, akan lebih bersikap militan, bahkan akan mengejar-ngejar ikan mas koki betina.

Sedangkan, untuk ikan mas koki betina yang dikejar-kejar ikan jantan akan nampak lebih pasif, serta selalu dihempit.

Baca juga: Ciri-ciri Ikan Mas Ranchu yang bagus

Demikian info perbedaan antara ikan mas koki jantan dan betina. semoga bermanfaat.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading Ini dia Perbedaan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ini dia Perbedaan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina"