5 Perbedaan Fisik Yang Mudah Dikenali Antara Ikan Platy Jantan dan Betina

Platy albino red swordtail antara jantan dan betina
Platy balon red swordtail

Ikan Platy merupakan ikan hias yang berasal dari pantai timur Amerika tengah dan Meksiko bagian selatan. Secara umum, Ikan Platy memiliki ciri fisik yang sangat unik yakni bentuk tubuh yang sedikit bulat akan tetapi kepalanya agak lonjong serta tidak memiliki sirip di bagian perutnya. Antara jantan dan betina terdapat perbedaan dimana perbedaan ikan Platy jantan dan betina ini terletak pada fisiknya.

Ikan Platy sering dijadikan ikan hias karena bentuk tubuhnya yang lucu dan indah. Warna ikan Platy yang sangat beragam dengan kombinasi warna cerah ini membuat ikan ini begitu digemari oleh para pecinta ikan hias. Terlebih lagi bentuk dan ukuran tubuhnya yang hanya sekitar 3 – 5 cm membuat ikan ini sangat lucu dan mungil. Budidaya dan pemijahan ikan Platy juga lebih mudah daripada ikan hias lain.

Cara membedakan ikan Platy Jantan dan betina


Cara Membedakan antara ikan platy jantan dan betina secara mudah
membedakan jantan dan betina

1. Bentuk tubuh keduanya


Ciri fisik yang paling mudah terlihat antara perbedaan ikan Platy Jantan dan betina yakni pada bentuk tubuhnya. Ikan Platy jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping jika dibandingkan dengan ikan Platy betina. Ikan Platy betina memiliki ciri fisik tubuh yang cenderung gemuk dan bulat dengan perut yang bulat dan besar.

Hal ini membuat ikan Platy betina mirip badut terlebih lagi dominasi warna merah pada tubuhnya yang membuat ikan Platy betina lebih mirip seperti badut.

Baca juga: Perbedaan Ikan Platy dan Ikan Molly

2. Bentuk ekor


Perbedaan yang paling mencolok lainnya yaitu terletak pada ekornya. Ekor ikan Platy jantan memiliki ciri lancip dan lebih panjang di bagian bawahnya sehingga menyerupai pedang yang tajam. Ekornya pun lebih lebar dan seolah menyatu dengan tubuh bagian belakangnya. Ekor ikan Platy betina juga cenderung seperti sirip ikan pada umumnya dan tidak lancip atau tajam seperti ikan Platy jantan.

3. Bentuk sirip


Ada pula sirip yang terletak di dekat perut ikan Platy jantan juga berbentuk lancip dan tajam menyerupai jarum akan tetapi tidak runcing ketika di pegang. Karena ciri fisiknya ikan Platy jantan yang seringkali dikatakan lebih cantik daripada ikan Platy betina sehingga sering keliru dan ikan Platy jantan sering dianggap ikan betina.

4. Warna tubuh


Untuk corak warna tubuh, kedua nya sama-sama memiliki corak tubuh yang cerah dengan kombinasi warna merah, oranye, kuning atau putih. Akan tetapi, perbedaan ikan Platy jantan dan betina yakni warna tubuh Platy betina cenderung pucat atau lebih dominan warna oranye dan putih.Warna merah atau oranye cerah biasanya terdapat pada Platy jantan.

Warna merah cerah pada tubuh Platy jantan ini sangat berguna untuk menarik perhatian ikan betina. Meski warna ikan Platy jantan lebih menarik, namun Ikan Platy betina seringkali lebih suka dijadikan ikan hias karena bentuk tubuhnya yang lebih lucu dan mungil jika di bandingkan dengan jantan terlebih lagi ketika sedang dalam masa bertelur.

5. Pola sisik


Pola sisik Platy betina lebih halus, sedangkan pola sisik Platy jantan lebih besar. Perbedaan ikan Platy jantan dan betina yang lainnya juga tampak pada bentuk kepalanya. Platy jantan memiliki kepala besar dan hampir setara dengan besar tubuhnya. Sedangkan Platy betina memiliki kepala lebih kecil dari size tubuhnya dan sedikit runcing. Hal ini membuat mulut Platy jantan lebih besar daripada mulut betina.

Baca juga: Informasi Sejarah dan Asal-usul Ikan Platy

Demikian tips membedakan antara ikan platy jantan dan betina. Semoga bermanfaat.

Labels: Ikan platy

Thanks for reading 5 Perbedaan Fisik Yang Mudah Dikenali Antara Ikan Platy Jantan dan Betina. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Perbedaan Fisik Yang Mudah Dikenali Antara Ikan Platy Jantan dan Betina"