Ciri Cupang Aduan Berkualitas Bagus Dan Tips Cara Melatihnya

Tips melati cupang aduan dan ciri cupang aduan berkualitas
Gambar ikan cupang aduan

Ikan cupang adalah jenis ikan air tawar, ikan cupang memiliki berbagai jenis antara lain, ikan cupang aduan/laga, ikan cupang kontes, dan ikan cupang hias air tawar. Tipe cupang aduan ada berbagai tipe diantaranya, cupang aduan memiliki varietas diatas rata-rata, gaya tarung yang berbeda-beda, ada yg tipe fighter, dancer, slugher, dan sebagainya. Sebagai penghobi, kita harus tahu ciri cupang aduan berkualitas bagus dan tips cara melatihnya

Umumnya jenis ikan cupang aduan memiliki ekor yang pendek. Ikan cupang aduan yang tidak mempunyai dasi, justru mempunyai keistimewaan tersendiri, yaitu napasnya lebih panjang berbeda dengan jenis lain. Selain itu, ia memiliki sisik yang tebal, ikan cupang aduan super jenis ini, banyak ditemukan di sungai-sungai di Vietnam. tiap gaya tarung punya kelemahan tersendiri.

Baca juga: Perbedaan Jenis Ikan Cupang Bagan dan Plakat

Mengetahui Ciri Cupang Aduan Berkualitas Bagus Dan Tips Cara Melatihnya


Badannya ramping, jika dilihat dengan seksama terlihat ada cekungan halus di ujung badanya hingga samping perutnya. Mempunyai sisik yang kecil dan tebal, dahi berbentuk menyerupai ikan arwana, lingkaran bibir terlihat tebal, dan jari-jari sirip ekor sangat halus dan rapat. Cupang aduan jenis ini rata-rata sangat kejam di dalam laga. Menyerang musuhnya tanpa ampun, tak jarang musuhnya mati seketika.

Selain itu, pada bagian Ring mulut cupang aduan terlihat berbentuk rapat dan sempurna. Hingga dapat menghasilkan suatu gigitan yang dalam untuk melukai musuhnya. Lalu pada bagian bentuk lain tubuhnya terlihat proposional, terlihat ideal sehingga terlihat tidak gemuk dan tidak juga terlalu kurus. Bentuk tubuhnya ini pun sangat berguna dalam hal penyerangan dan pertahanan, agar tidak banyak kewalahan dalam arena laga.

Kemudian, di bagian bawah ekornya memiliki suatu bentuk yang lumayan tebal dan tidak pula terlalu kecil memanjang dan tidak juga besar memendek. Biasanya bentuk pangkal yang seperti ini banyak dicari oleh para pecinta ikan cupang aduan yang tentunya mempunyai tenaga pukulan yang lebih kuat sehingga bisa membuat lawan ketakutan dan kalah di arena.

Selanjutnya pada bagian bulu ekor, cupang aduan ini memiliki dua variasi bulu. Yaitu jenis bulu dorsal dan jenis bulu anal. Bulu ini pun berfungsi agar tidak membuat lambat gerakan cupang aduan jika sedang melakukan serangan kepada lawan. Akan tetapi jika bulu ikan cupang aduan lawan lebih panjang, tentu saja lawan bisa dengan mudah melukai cupang aduan milik kita. Dan perlu diwaspadai lawan dapat menyerang dengan lebih leluasa.

Baca juga: Jenis Penyakit Ikan Cupang

Tips Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Kuat


Tips melati ikan cupang aduan import
Ikan cupang aduan import

    Letakkan Ikan Cupang Aduan pada Wadah Khusus

  1. Pertama-tama, sediakan wadah yang berukuran Panjang 20 cm, Lebar 20 cm, dan Tinggi 100 cm. Bisa juga menggunakan toples, akuarium atau wadah lainnya. anda perlu mempersiapkan wadah berukuran p x l x t 20cm x 20 cm x 100 cm. Bisa menggunakan akuarium atau yang lainnya. Kemudian, masukkan air sampai memenuhi wadah kira-kira sampai 90% nya terisi.
  2. Setelah itu, masukan ikan cupang aduan tadi ke dalam wadah dan pancinglah cupang tersebut agar dia berenang naik turun. Diamkan ikan cupang tadi sampai selama dua sampai 4 hari dalam wadah sembari dilatih terus-menerus agar dia berenang naik turun.

    Buat Arus Buatan di Dalam Wadah untuk Melatih Otot-Otot Ikan Cupang Aduan

  1. Ambil toples berukuran kecil atau gelas besar bening. Usahakan yang berbentuk bulat.
  2. Isi gelas dengan air secukupnya.
  3. Ambil 1 batang kayu berukuran kecil atau bisa pakai pensil 2B.
  4. Kemudian masukan ikan cupang aduan ke dalam wadah tadi yang telah disediakan.
  5. Lalu buat gerakan memutar perlahan-lahan , menggunakan batang kayu atau pensil yang tadi hingga membentuk suatu pusaran kecil. Untuk latihan hari pertama.
  6. Pada hari kedua, lakukan gerakan seperti kemarin tapi putaran batang kayunya lebih dipercepat, agar menghasilkan pusaran yang lebih cepat pula. Latihlah dengan cara ini selama 30 menit dalam 5 waktu hari.
  7. Jangan sampai batang kayu yang di putarkan mengenai ikan cupang. Perhatikan saat cupang aduan tadi berada di dasar air, dan usahakan anda membuat putaran dengan batang kayu tadi di atas cupang aduan.

    Letakkan di Atas Piring dengan Mengisi Air Setengah Badan Cupang

  1. Ambil piring untuk media pelatihan berikutnya.
  2. Kemudian letakkan cupang aduan di atas piring yang sudah diisi air, kira-kira air yang perlu diisi setinggi setengahnya dari badan ikan cupang aduan.
  3. Setelah itu, ikan cupang aduan tersebut akan bergerak-gerak dan berenang dengan posisi miring.

Jadi, lakukan cara di atas untuk latihan sekali dalam kurun waktu seminggu, dengan durasi waktu hanya 60 menit. Perlu diperhatikan, jangan terlalu sering melakukan latihan di atas, dan pada saat melatih ikan cupang aduan janganlah terlalu lama pula. Karena justru nantinya akan mencederai ikan cupang aduan tersebut. Maka Kita wajib tahu, Ciri- ciri cupang aduan berkualitas bagus dan tips cara melatihnya.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Cupang

Setelah anda melakukan 3 cara latihan tadi, sebaiknya ikan cupang aduan tersebut didiamkan, biarkan cupang aduan untuk beristirahat selama dua sampai tiga hari, sebelum siap di adu dengan cupang aduan yang lainnya.

Labels: Ikan cupang

Thanks for reading Ciri Cupang Aduan Berkualitas Bagus Dan Tips Cara Melatihnya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ciri Cupang Aduan Berkualitas Bagus Dan Tips Cara Melatihnya"