14 Tips Cara Merawat Ikan Louhan Anakan Sampai Dewasa

Bagaimana tips merawat ikan louhan import anakan hingga dewasa untuk pemula

Hobi memiliki ikan louhan adalah hobi yang patut diperhatikan oleh para pencinta ikan. Keseruan dan tantangan memelihara ikan jenis ini, memang bisa dirasakan saat ikan tersebut masih kecil. Oleh karena itu mengetahui tips cara merawat ikan louhan anakan sampai dewasa, patut kita ketahui. Agar ikan louhan tersebut bisa bertahan sampai dewasa.

Panduan memelihara jenis ikan louhan, memang bertujuan agar si ikan louhan tersebut tetap sehat dan tidak sakit. Karena yang namanya peliharaan, memang harus detail menjaganya. Agar ikan louhan tersebut, mampu tumbuh dengan sangat baik, kita pun harus mengerti karakter mental, maupun kondisi badannya. Karena hal tersebut, semata- mata untuk membuat ikan jenis louhan dapat terlihat cantik.

Baca juga: Proses Mutasi Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan Anakan Sampai Dewasa


Bibit anak ikan louhan berkualitas import

Mengurus ikan lucu yang memang sempat populer sejak 15 tahun silam ini, memang gampang - gampang susah. Contohnya, kita harus mengetahui nutrisi, agar mempercepat perkembangan dan pertumbuhan pada ikan louhan tersebut. Karena hal tersebut dibutuhkan, untuk memunculkan warna - warna unik pada ikan louhan. Seperti warna merah, dan mencerahkan serta memecahkan mutiara yang ada pada ikan louhan itu.

  1. Anak ikan atau bibit ikan louhan, biasanya berukuran (1,5- 2 cm), anak ikan harus disekat dengan anak ikan lainnya. Contohnya ukuran akuarium sebesar minimal 15 - 20cm lebarnya.
  2. Berikan makanan ikan yang layaknya cacing sutera atau bisa juga cacing beku. Pemberian makanan tersebut harus teratur sebanyak, 3 x sehari. Hal tersebut sangat penting karena anak ikan memang butuh pertumbuhan, (makanan ikan wajib bersih untuk menghindari berak putih pada anakan louhan)
  3. Kita wajib membersihkan sisa- sisa makanan yang berceceran pada akuarium. Hal tersebut berguna untuk menghindari dari ancaman penyakit dan parasit.
  4. Setelah anak ikan tersebut semakin bertumbuh besar sekitar ukuran 6- 8cm, maka mereka sudah bisa dilatih sedikit, dengan mengkonsumsi makanan pelet ikan. Makanan pelet ikan tersebut, tidak bisa sembarangan, karena disarankan untuk pertumbuhan ikan adalah pelet yang mempunyai kandungan spirulina dan juga terdapat kandungan protein juga, untuk membantu pertumbuhan badan dari anak ikan louhan tersebut.
  5. Pemberian cabek atau ikan beku, haruslah mulai dikurangi, hal tersebut bertujuan untuk mengejar perkembangan dan pertumbuhan mutiara serta body.
  6. Jika anak ikan yang memiliki mutiara penuh atau full, dapat dilatih dengan penggunaan pelet warna. Namun pemberian pelet tersebut harus sedikit saja dan tidak berlebihan. Ketika masa - masa itu terlewati, kita bisa memberi pelet untuk pertumbuhan body pada anak - anak bibit louhan tersebut.
  7. Untuk catatan, setelah anak ikan tersebut bertambah besar, dan berukuran 7- 8cm, maka sudah bisa pisahkan ke masing - masing akuarium. Anda pun dapat memberikan akuarium dengan ukuran kisaran 25×35 atau, dapat lebih besar sedikit ( namun tidak disarankan terlalu besar), agar anak - anak ikan tersebut tidak kaget.
  8. Pilihlah anak ikan yang memang sudah terlihat secara kualitas, baik itu dari sisi kepala, bentuk tubuh, bentuk fintail, perkembangan mutiara, tanda yang baik di tubuhnya, jenis warna, psikologis dan mental ikan, dan juga diusahakan untuk makan teratur.
  9. Anakan ikan louhan, patut diajak interaksi karena bertujuan untuk melatih mental ikan dan cepat ketangkasannya.
  10. Jika ikan tersebut, memiliki mental yang buruk, maka harus dikembalikan lagi ke sekatan awal dan di latih lagi mentalnya, secara pelan - pelan.
  11. Melatih ikan anakan louhan dapat dengan menambah untulan, dengan kaca, atau dipancing- pancing dengan jari serta kayu. Jika anakan ikan tersebut terlihat berani dan ada perlawanan, maka ikan tersebut memiliki mental yang bagus. Dan bila sebaliknya, maka harus di latih kembali.
  12. Pemeliharaan harus dilanjutkan, sampai ikan Louhan tersebut beranjak ke tahap dewasa. Anda harus teratur dengan pemberian pelet warnanya, serta asupan spirulina. Agar warna ikannya dapat semakin cerah
  13. Pemberian makanan ikan sendiri, dapat diselingi dengan asupan udang yang harus sudah dipotong - potong kepalanya.
  14. Jika ikan louhan tersebut, sudah terlihat besar, maka anda bisa memindahkan ikan louhan tersebut ke akuarium yang lebih besar lagi.

Konsistensi Memelihara Ikan Louhan Dari Anakan


Ikan louhan yang memang memiliki mental drop, akan menjadi jelek, meski sebagus apapun corak pada tubuhnya. Oleh karena itu merawat ikan sejak masih menjadi anak ikan adalah penting, agar napsu makan ikan dan kondisi kesehatan serta kondisi mental pada anak ikan dapat terbiasa sejak kecil.

Baca juga: Jenis Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengobatinya

Perawatan ikan louhan ini, tentu berlaku untuk semua jenis louhan, baik itu louhan berjenis kamfa maupun louhan cencu. Maka dari itu kita harus mengetahui pentingnya tips cara merawat ikan louhan anakan sampai dewasa. Karena, anda pun akan merasakan sendiri perbedaannya, bila merawat dengan prosedur, dengan merawat asal- asalan.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading 14 Tips Cara Merawat Ikan Louhan Anakan Sampai Dewasa. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "14 Tips Cara Merawat Ikan Louhan Anakan Sampai Dewasa"