Cara Budidaya Ikan Guppy di Ember secara baik dan benar

Cara ternak ikan guppy untuk pemula

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang hidup di rawa payau dan merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang budidayanya mudah. Ikan guppy merupakan jenis ikan yang dapat berkembang biak dengan sangat cepat karena ikan guppy mudah beranak. Ikan guppy bisa dibudidayakan di kolam atau bahkan jika Anda tidak memiliki kolam ikan, cara budidaya ikan guppy di ember bisa dilakukan.

Yang paling penting Anda perlu perhatikan adalah Anda harus pastikan embernya selalu dalam kondisi bersih dan kualitas airnya terjaga agar ikan guppy tidak stress dan mudah beranak. Anda yang tertarik budidaya ikan guppy dengan menggunakan ember, bisa simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Teknik Budidaya Ikan Guppy di Ember


Teknik budidaya ikan guppy menggunakan ember

Cara budidaya ikan guppy di ember sangat mudah. Tinggal Anda siapkan alat dan lakukan proses budidayanya dengan tepat. Namun sebelum hal tersebut Anda lakukan, pastikan bibit ikan guppy yang akan Anda budidayakan adalah bibit yang berkualitas.

Untuk membuat bibit yang berkualitas, tentu ikan guppy yang dikawinkan harus merupakan ikan jantan dan betina unggulan. Beberapa ciri ikan guppy jantan dan betina yang berkualitas jika memenuhi syarat berikut ini:

Usia ikan guppy sekitar 4 - 5 bulan

Hal pertama yang Anda harus perhatikan adalah usianya. Jika usianya masih belum matang, maka ikan guppy tidak dianjurkan untuk dikawinkan dulu. Pastikan Anda memilih indukan guppy dengan usia siap kawin yang berkisar antara usia 4 – 5 bulan agar bibit yang dihasilkan juga merupakan bibit yang berkualitas.

Pilih indukan dengan perilaku sehat dan lincah

Indukan yang sehat dan lincah sangat menentukan kualitas anakan yang berkualitas karena semakin sehat induknya maka bibitnya juga akan semakin baik. Karena itu mengecek kesehatannya merupakan hal yang mutlak diperlukan.

Pilih indukan dengan fisik yang baik

Fisik dari ikan guppy yang baik adalah tidak mengalami masalah dan gangguan. Pastikan ikan guppy yang akan dikawinkan memiliki kesehatan yang prima dan tidak mengalami tanda - tanda gangguan kesehatan apapun.
Oke setelah Anda sudah pastikan ikan guppy yang akan dikawinkan menjadi bibit adalah yang berkualitas, maka Anda perlu siapkan alat - alat yang diperlukan untuk melakukan budidaya. Beberapa alat yang diperlukan meliputi:

  1. Ember sebagai tempat budidaya ikan guppy
  2. Selang
  3. Tanaman air
  4. Aerator

Setelah alat - alatnya Anda siapkan, cara budidaya ikan guppy di ember yang perlu Anda lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut:

Melakukan pemisahan indukan

Ikan guppy calon indukan harus melalui suatu proses pemisahan untuk memilah ikan guppy jantan dengan ikan guppy betina. Proses yang semacam ini perlu kesabaran dan juga ketelitian agar ikan tidak sampai tertukar.

Dalam budidaya ikan guppy, kebersihan air juga perlu menjadi salah satu aspek yang diperhatikan. Jika air yang digunakan dalam kondisi kotor, maka hal tersebut akan mengakibatkan ikannya mati. Selain itu, dalam proses pemisahan indukan juga perlu adanya pemberian makanan kepada ikan dengan makanan yang baik agar mereka dapat menghasilkan anakan yang baik juga.

Baca juga: Habitat dan Sejarah Ikan Guppy

Melakukan proses pemijahan pada indukan


Proses yang kedua ini adalah proses menyatukan ikan guppy betina dengan ikan guppy jantan. Mereka akan melakukan proses pembuahan. Pada proses ini diperlukan air sebanyak 100 liter untuk 30 individu ikan guppy yang akan dibuahi. Pastikan bahwa Anda tidak melewati batas individu yang sudah ditentukan agar tidak mengalami kegagalan dalam proses pemijahan yang direncanakan.

Dalam penebaran ikan, perbandingan ikan yang baik adalah satu dibanding lima dimana semakin tepat penakaran yang Anda lakukan maka nantinya proses pembuahan ikan guppy juga akan semakin baik dan semakin berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Melalui proses penetasan


Ikan yang sudah melalui proses pemijahan atau sudah dikawinkan maka baginya diperlukan untuk melakukan pemisahan antara ikan jantan dengan ikan betina. Anda harus pastikan bahwa sudah memberikan senggang beberapa waktu untuk melakukan proses penetasan setiap individu.

Proses pembibitan


Setelah menetas, burayak akan lahir. Dalam proses ini diperlukan suatu kehati - hatian agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Setiap hari, bibit yang terdapat di ember harus langsung terkena dengan sinar matahari.

Fungsi utama dari hal ini adalah agar berbagai corak ikan yang baik bisa dihasilkan. Ada baiknya untuk Anda tidak memberikan kepada ikan guppy yang baru lahir makanan berupa makanan instan. Hal ini sangat penting bertujuan agar bibit ikan guppy Anda cepat besar. Makanan instan tentunya dapat semakin memperlambat proses pertumbuhan ikan. Pun Anda jika tetap memberikan makanan instan maka juga perlu tenaga ekstra untuk membersihkan air di ember karena makanan instan lebih mudah membuat kotor ember tempat budidaya.

Lihat juga: Daftar Harga Ikan Guppy

Itulah bagaimana cara budidaya ikan guppy di ember yang Anda perlu tahu. Anda yang ingin budidaya ikan guppy namun belum memiliki lahan bisa menerapkan metode budidaya diatas. Selamat mencoba!

Labels: Ikan guppy

Thanks for reading Cara Budidaya Ikan Guppy di Ember secara baik dan benar. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Guppy di Ember secara baik dan benar"