Cara Budidaya Ikan Louhan di Akuarium Untuk Pemula

Budidaya ikan louhan menggunakan aquarium

Siapa saja bisa mulai budidaya ikan louhan karena budidaya ikan louhan sangat mudah. Ikan louhan merupakan jenis ikan hias air tawar yang bisa hidup dimana saja. Bentuknya yang indah dengan ciri khas sirip dan corak tubuh yang sangat cantik menjadikan banyak orang suka menjadikan hiasan di ruang tamu melalui pembudidayaan didalam akuarium.

Jika diantara Anda ada yang tertarik untuk membudidayakan ikan louhan didalam akuarium, disini kita akan kupas lengkap informasinya. Berikut cara budidaya ikan louhan di akuarium untuk pemula yang perlu dipelajari. Dengan cara ini ikan louhan tidak akan mudah stress walau dibudidayakan di akuarium. Cek informasinya di bawah ini!

Teknik Budidaya Ikan Louhan di Akuarium Untuk Pemula


Gambar ikan louhan

Sediakan akuarium dan berbagai perlengkapan yang diperlukan


Dalam budidaya ikan louhan dengan media akuarium, langkah pertama yang Anda harus siapkan adalah perlengkapan penting dan peralatan penunjang. Sediakan akuarium dengan ukuran lebar kurang dari 40 cm dan panjang 70 cm. Ketinggian akuarium yang diperlukan sebesar 40 cm. Ukuran ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setelah akuarium siap, beberapa peralatan penunjang yang Anda perlu siapkan meliputi:

  1. Lampu UV. Lampu ini berguna sebagai pencahayaan dan mengatur kebutuhan cahaya didalam kolam.
  2. Filter. Alat yang satu ini dapat menjadi penyaring air dan bertugas memberikan control kebersihan kolam agar tetap terjaga.
  3. Aerator. Fungsinya adalah untuk menjadi pencipta gelembung udara dan berperan dalam mengatur kadar oksigen didalam akuarium.
  4. Bebatuan dan tanaman air. Fungsinya untuk menciptakan suasana akuarium agar menyerupai tempat tinggal di habitat asli ikan louhan tersebut.

Siapkan air untuk akuarium


Dalam cara budidaya ikan louhan di akuarium, langkah ini sangat penting. Jika dalam kurun waktu sehari dirasa cukup lama, Anda dapat menggunakan larutan trisulfat 5 ppm atau memanfaatkan garam khusus ikan hias. Untuk kadar pH normal didalam air sebagai tempat tinggal ikan louhan yaitu antara 6,5 sampai pH 7,5.

Jika kadar pH sudah siap, penting untuk Anda mengatur suhu air didalam akuarium supaya air merasa aman dan menjadi nyaman sebagai habitat baru ikan louhan. Sebagai perhatian, suhu nyaman bagi ikan louhan antara 32 derajad celcius sampai dengan 35 derajad celcius.

Berikan pakan yang berkualitas tinggi


Dalam proses budidaya ikan louhan, pemberian pakan menjadi salah satu aspek yang sangat penting. Diharapkan untuk Anda tidak sembarangan memberi pakan. Dianjurkan Anda menggunakan pakan berkualitas agar bisa mendapatkan ikan louhan yang juga berkualitas.

Pakan terbaik khususnya, wajib diberikan di usia 2 minggu sebelum ikan akan dibudidayakan. Pada usia tersebut, jenis pakan yang dianjurkan untuk diberikan adalah jenis pakan alami seperti udang kecil, jangkrik, dan juga cacing karena makanan ini mengandung nilai gizi yang sangat baik. Selain Anda perlu memberikan pakan alami, juga penting agar Anda tidak memberikan pakan buatan karena biasanya kandungan gizi dan pewarnanya berbahaya untuk kesuburan ikan louhan yang Anda budidayakan.

Baca juga: Sejarah Ikan Louhan

Pilih indukan yang berkualitas


Anda harus tahu satu hal, bahwa kualitas anakan ikan sangat dipengaruhi oleh induknya. Ketika induk ikan louhan tidak berkualitas maka tentu hasil anakannya tidak akan berkualitas juga. Cara mendapatkan indukan ikan louhan yang berkualitas sangat mudah yaitu dengan Anda membeli ikan louhan sendiri. Ciri - ciri indukan ikan louhan berkualitas diantaranya:

  1. Pastikan bahwa anggota tubuh ikan louhan lengkap dan tidak memiliki tubuh yang cacat dan bengkok.
  2. Memiliki jenong karena ikan louhan tanpa jenong bukan ikan louhan yang sesungguhnya.
  3. Ikan sudah memiliki tanda jenong di kepala ketika ukurannya kurang dari 10 cm dan sudah memiliki corak mutiara di bagian jenongnya.
  4. Memperhatikan proses pemijahan telur yang tepat.

Proses perkawinan ikan louhan


Proses perkawinannya kurang lebih terjadi dalam waktu 1 sampai 2 hari. Kemudian telur akan mulai terlihat di bagian bawah akuarium tempat perkembangbiakan. Tak semua telur yang dihasilkan berhasil dibuahi.

Telur yang gagal dibuahi memiliki ciri berwarna putih menyerupai susu. Sementara telur yang sempurna dan berhasil dibuahi ditandai dengan warna bening dan bintik berwarna hitam. Setelah telur keluar, biarkan indukan tetap di akuarium terlebih dahulu karena indukan jantan dan betina akan memberikan sirkulasi pada telur dengan cara mengipasi telur dengan siripnya. Tetaplah Anda berikan makan.

Baru setelah waktu berjalan kurang lebih 48 jam atau 2 hari, telur akan mulai melakukan penetasan. Ada baiknya Anda pindahkan indukan ikan louhan dari telurnya ke tempat yang berbeda agar tidak mengancam keberlangsungan hidup anakannya.

Baca juga: Proses Mutasi Ikan Louhan

Itulah langkah - langkah yang perlu diperhatikan dalam cara budidaya ikan louhan di akuarium. Pemula harus tahu dan mempelajari hal tersebut. Pastikan cara budidaya Anda sudah tepat untuk menghasilkan ikan louhan berkualitas super.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Cara Budidaya Ikan Louhan di Akuarium Untuk Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Louhan di Akuarium Untuk Pemula"