Cara Budidaya Ikan Oscar yang baik dan benar

Gambar ikan oscar

Astronotus ocellatus atau yang dikenal dengan nama ikan oscar di Indonesia merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon. Ikan Oscar memiliki bentuk yang sangat indah dengan corak warna tubuh yang sangat menarik.

Anda akan temukan tubuh ikan oscar dengan warna dasar hitam yang dilengkapi motif kuning kemerah - merahan. Namun, ada juga jenis oscar albino yang memiliki warna dasar tubuh putih. Ikan ini merupakan jenis ikan yang dapat tumbuh sampai ukuran 35 cm.

Baca juga: Mengenal Ikan Oscar Albino

Ikan oscar merupakan ikan yang cerdas dan bisa dilatih untuk memiliki keahlian tertentu. Kelebihan tersebut menjadi salah satu alasan banyak orang yang ingin budidaya ikan oscar. Terlebih cara penjualan ikan oscar juga mudah karena banyak orang yang suka. Lantas bagaimana cara budidaya ikan oscar?

Baca juga: 5 Kelebihan Ikan Oscar

Panduan Budidaya Ikan Oscar


Cari tahu bedanya ikan oscar jantan dan betina


Hal pertama dalam cara budidaya ikan oscar yang penting Anda tahu sebelum mencari tahu tentang berbagai hal penting lainnya yaitu mengetahui bedanya ikan oscar jantan dan betina. Anda bisa membedakan antara ikan oscar jantan dan betina setelah melihat perbandingan cirinya.

Ciri - ciri ikan oscar jantan diantaranya:

  1. Memiliki bentuk alat kelamin yang lebih meruncing
  2. Jika perut ikan oscar diurut atau dipencet, maka akan keluar cairan bening memancar
  3. Bentuk badannya lebih panjang dibandingkan ikan oscar betina
  4. Warna merah di badannya lebih banyak
  5. Bentuk ukuran siripnya lebih lebar
    dibandingkan ikan oscar betina
  6. Pada sirip punggung, terdapat 2 sampai dengan 3 bintik sebagai ciri khas ikan oscar jantan

Sementara ciri - ciri ikan oscar betina diantaranya:

  1. Bentuk sirip ikan oscar betina relatif lebih kecil dibandingkan ikan oscar jantan
  2. Warna merah pada badannya lebih sedikit dibandingkan jantan
  3. Bentuk ukuran tubuhnya lebih pendek dan gendut
  4. Cairan pelan akan keluar dari perutnya jika diurut
  5. Bentuk alat kelaminnya relatif menumpul

Perhatikan pemilihan induk ikan oscar


Yang selanjutnya perlu Anda perhatikan dalam cara budidaya ikan oscar adalah pemilihan induk terbaik. Ikan oscar yang baik untuk dijadikan induk adalah ikan oscar yang sudah berumur sekitar 1,5 - 2 tahun. Ikan oscar yang baik menjadi indukan memiliki panjang sekitar 15 cm dengan tinggi 10 cm.

Pastikan ikan oscar yang akan Anda jadikan sebagai indukan berwarna cerah. Namun mengenai seleksinya, indukan perlu Anda seleksi sejak berumur 5 - 6 bulan dengan mencampurkan 5 ikan jantan dan 5 ikan betina dalam satu tempat.

Mereka nantinya akan mencari pasangan mereka sendiri. Kemudian setelah berpasangan, baru Anda bisa memisahkan pada tempat yang berbeda sendiri - sendiri.

Cara pemijahan ikan oscar harus tepat


Terlebih dahulu Anda harus persiapkan bak untuk proses pemijahan. Anda bisa buat bak dari semen dengan ukuran 1,5 x 1 x 0,5 m3. Setelah itu, isilah air dengan ketinggian 30 - 40 cm didalam bak semen tersebut. Kemudian masukkan satu pasang induk yang telah matang didalam bak.

Pada masing - masing bak bisa Anda berikan batu ceper dengan warna gelap. Kemudian di bagian atasnya bisa Anda tutup sebagian supaya bak teduh. Hindarkan bak dari kebisingan agar ikan oscar tidak merasa stress.

Proses pemijahan ikan oscar ini biasanya berlangsung di pagi dan sore hari. Jika ada telur yang sudah dibuahi, telur yang sudah dibuahi diambil kemudian dimasukkan ke dalam aquarium penetasan. Biasanya setelah 3 hari, telur akan menetas dan air didalam aquarium bisa diberi emalin atau methylene blue.

Cara memelihara benih ikan oscar


Benih ikan oscar yang baru menetas tidak perlu diberi pakan setelah umur 4 hari. Hal ini karena benih tersebut di umur sebelum 4 hari masih memiliki persediaan pakan yang berupa kuning telur. Pakan berupa rotifera dapat menjadi pilihan selanjutnya ketika benih ikan oscar sudah berumur 5 hari.

Pemberian pakan ini tidak dapat terlambat karena ikan oscar bersifat kanibal. Sehingga jika mereka terlambat diberi makan, mereka akan memakan teman - temannya dalam satu tempat atau media tumbuh yang sama.

Setelah ikan oscar berumur 10 hari, ikan dapat diberi pakan kutu air yang sudah disaring. Kemudian di usia 2 minggu, Anda bisa memberi pakan ikan oscar dengan kutu air tanpa disaring bersama cacing rambut. Di usia 25 hari, Anda bisa pindahkan ke bak atau kolam pembesaran yang lebih luas.

Cara membesarkan ikan oscar


Anda bisa isi kolam pembesaran dengan air ketinggian 20 - 25 cm untuk kolam seluas 2 x 1 x 1 m3. Dalam masing - masing kolam pembesaran, bisa Anda tebarkan sekitar 300 ekor ikan oscar. Untuk mengurangi terik matahari, di bagian atas kolam bisa berikan Anda dengan tumbuhan eceng gondok.

Tumbuhan ini sekaligus dapat menjadi tempat berteduh bagi ikan oscar. Setelah ikan oscar berumur lebih dari 1 bulan, Anda bisa berikan pakan berupa cacing rambut pada ikan oscar. Sekitar usia 5 - 6 bulan, ikan oscar sudah dapat diseleksi kembali menjadi indukan dan sebagian bisa dijual.

Baca juga: Tips Merawat Ikan Oscar

Itulah cara budidaya ikan oscar yang tepat dilakukan. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan dan cakrawala Anda.

Labels: Ikan oscar

Thanks for reading Cara Budidaya Ikan Oscar yang baik dan benar. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Oscar yang baik dan benar"