Cara Memelihara Ikan Guppy yang benar untuk pemula

Cara memelihara ikan guppy albino snakeskin
Guppy albino snakeskin

Ini adalah salah satu jenis ikan hias yang bisa hidup dengan sangat baik di air tawar. Memiliki warna yang cerah, cantik, dan sangat beragam sekali, jenis ikan guppy tersebut memang pas banget untuk dijadikan sebagai ikan hias di aquarium rumah Anda. Tidak hanya memiliki bentuk tubuh yang kecil, ikan guppy juga mudah dirawat dan dipelihara. Atas dasar itulah melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda tentang cara memelihara ikan guppy yang tidak hanya mudah dicoba akan tetapi juga akan membuat ikan hias kesayanganmu bisa hidup lebih sehat lagi.

Dengan penataan aquarium yang tepat, pemberian makanan, juga perawatan yang baik, maka ikan guppy tersebut pastinya akan bisa berkembang dengan sangat baik. Makanya tak perlu berlama - lama lagi, berikut ini adalah langkah yang mudah dan benarnya memelihara ikan guppy yang bisa Anda coba terapkan.

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Guppy


Cara merawat ikan guppy albino blue sky
Gambar guppy albino blue sky

Pemilihan aquarium yang tepat


Aquarium yang paling ideal untuk memelihara dan merawat ikan guppy ini adalah harus memiliki volume maksimal 20 - 40 liter. Tetapi Anda juga tidak boleh membuat aquarium tersebut terlalu penuh atau berjejalan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lebih baik Anda tempatkan 1 ekor ikan guppy dengan panjang tubuh 2.5 cm di setiap 8 liter volume air. Sehingga Anda bisa lebih mudah lagi merawat aquarium dan menjaga supaya ikan guppy tersebut agar lebih sehat.

Baca juga: Teknik Budidaya Ikan Guppy di Ember

Menghilangkan kadar klorin dalam air aquarium


Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk hilangkan kadar klorin dalam air di aquarium tempat ikan guppy akan hidup. Misalnya saja dengan mendiamkannya di dalam aquarium kurang lebih selama 7 hari supaya klorinnya menguap, atau Anda juga bisa membeli produk penghilang klorin.

Menjaga suhu air ada dalam kisaran 24 – 30 derajat celcius


Silakan Anda pasangkan termometer pada aquarium untuk amati suhu airnya dengan baik. Apabila air perlu dihangatkan, maka Anda bisa beli perangkat penghangat air berukuran kecil, lalu letakkan saja di dalam aquarium tersebut. Misalnya saja, apabila Anda menggunakan akuarium bervolume 20 liter, maka Anda membutuhkan perangkat dengan kemampuan lebih kecil dari perangkat penghangat untuk aquarium bervolume 75 liter.

Pakai sistem filtrasi pada aquarium


Biasanya aquarium yang banyak dijual di pasaran sudah dilengkapi dengan perangkat atau pun sistem filtrasi. Bila tidak, maka Anda harus membelinya secara terpisah. Selain itu Anda juga harus mengganti media filter pada saat media sudah terlihat kotor atau mulai berwarna kecoklatan, sehingga pastikan Anda mengamatinya tiap kali Anda akan membersihkan aquarium.

Menambahkan tanaman dan dekorasi dalam aquarium


Silakan Anda mulai dari bagian bawah aquarium. Anda di sini bisa menambahkan substrat di bagian dasar aquarium. Bebatuan maupun krikil yang bisa jadi pilihan substrat yang tepat untuk ikan guppy hidup. Jika sudah, jangan lupa untuk menambahkan tanaman. Anda bisa pakai tanaman hidup, sebab jenis tanaman hidup ini memiliki peran penting bersama bakteri untuk hancurkan zat beracun yang ada di dalam air. Tak hanya itu saja, tanaman hidup juga jadi tempat untuk ikan guppy bersembunyi.

Menyediakan cahaya pada aquarium


Pada dasarnya ikan guppy ini harus ada di dalam lingkungan tanpa cahaya selama 8 jam per harinya. Durasi gelap yang cukup lama atau pun terlalu sebentar tersebut bisa sebabkan cacat pada pertumbuhan ikan guppy. Anda bisa meletakkan lampu di atas aquarium dan mengatur perhitungan waktu untuk memastikan ikan ini mendapat paparan cahaya pada durasi yang tepat di setiap harinya. Selain itu Anda juga bisa mencoba menyalakan maupun mematikan lampu secara manual di setiap pagi dan malam harinya.

Memberikan makanan yang tepat untuk ikan guppy


Cara memelihara ikan guppy yang selanjutnya adalah dengan memberikan makanan yang tepat pada ikan guppy. Ada banyak sekali jenis makanan ikan guppy, baik itu untuk makanan kering, basah, hidup, atau pun beku. Anda bisa beli makanan ikan guppy tersebut dengan memilih yang memiliki kandungan gizi seimbang. Tetapi demikian, pastikan Anda tidak hanya memberikan makanan yang hanya kaya akan kandungan protein saja. Anda harus seimbangkan kandungan protein ini dengan makanan berbahan dasar sayur mayur.

Baca juga: Tips Mempercepat Pertumbuhan Ikan Guppy

Memberikan makan dalam jumlah kecil sebanyak 2 - 4 kali sehari


Daripada Anda memberikan makan pada ikan guppy dalam jumlah yang banyak atau besar sekaligus, ada baiknya bagi pemberian makan ke dalam beberapa sesi di setiap harinya. Anda bisa coba memberikan makanan yang beragam di setiap jam makannya. Misalnya saja Anda memberikan artemia di satu jam makan, lalu pelet keping di jam makan berikutnya.

Baca juga: Jenis Penyakit Ikan Guppy

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memelihara ikan guppy yang mudah dan benar. Semoga bermanfaat.

Labels: Ikan guppy

Thanks for reading Cara Memelihara Ikan Guppy yang benar untuk pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Guppy yang benar untuk pemula"