Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Gambar ikan koi jantan dan betina

Ikan koi merupakan jenis ikan yang termasuk ke dalam keluarga ikan mas. Ikan koi memiliki ornamen tubuh yang sangat indah. Ikan ini merupakan ikan jinak yang bisa dipelihara untuk ditujukan keindahan tubuhnya.

Ikan koi bisa dibudidayakan di berbagai media mulai dari kolam, tabung toples atau di aquarium. Ikan koi secara umum suka dengan habitat perairan air tawar yang airnya tidak terlalu dalam dan deras. Ikan koi memiliki habitat alami di sungai dan pinggiran danau. Namun jika Anda ingin membudidayakannya sendiri, Anda harus bisa membedakan antara ikan koi jantan dan betina.

Tanpa memiliki pemahaman membedakannya, tentu Anda tidak akan bisa membuat ikan tersebut bersatu untuk menghasilkan anakan yang berkualitas. Berikut kami uraikan informasi selengkapnya tentang cara membedakan ikan koi jantan dan betina yang bisa Anda terapkan.

Teknik Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina Secara Mudah


cara membedakan ikan koi jantan dan betina secara mudah

Cara membedakan ikan koi jantan dan betina bisa ditunjukkan dari ciri - ciri tubuhnya. Adapun ciri - ciri tubuh ikan koi jantan sebagai berikut:

  1. Secara umum, postur tubuh ikan koi cenderung ramping dan memanjang. Ikan koi akan cenderung langsing di bagian ekor.
  2. Ketika Anda meraba perutnya, perut ikan koi jantan lebih padat.
  3. Pipi ikan koi jantan cenderung lebih kasar. Namun tidak semua ikan koi memiliki pipi kasar karena beberapa ikan koi juga memiliki pipi yang halus.
  4. Jika diraba pada bagian sirip dada ikan koi jantan, akan terasa kasar seperti terdapat pasir menempel disana.
  5. Jika anus ditekan, ikan koi jantan akan mengeluarkan cairan yang berwarna putih dan lengket. Namun ciri ini hanya dimiliki oleh ikan koi jantan yang dewasa saja.
  6. Bentuk sirip ikan koi jantan biasanya lancip dan berbentuk segitiga yang berbeda dengan ikan koi betina.

Setelah Anda tahu ciri - ciri ikan koi jantan, sekarang kita akan mencari tahu ciri - ciri ikan koi betina agar semakin paham bagaimana cara membedakannya. Ciri - ciri ikan koi betina meliputi:

  1. Badan ikan koi betina secara umum cenderung gemuk, bentuknya membulat.
  2. Badan ikan koi betina tampak lebih besar dibandingkan pada ikan koi jantan dengan ukuran mulai dari 30 cm.
  3. Kalau kita lihat dari bagian atas badan ikan koi betina, kesan yang ditampilkan melebar ke samping kanan dan ke samping kiri.
  4. Perut ikan koi betina jika diraba terasa lembek.
  5. Ikan koi betina memiliki pipi yang halus dan tidak ada ikan koi betina yang pipinya cenderung kasar.
  6. Jika bagian anusnya ditekan, ikan koi betina akan mengeluarkan kotoran.
  7. Di bagian sirip dada, jika kita raba tidak kasar dan terasa halus.
  8. Bentuk sirip ikan koi betina biasanya membulat seperti kipas.

Baca juga: Teknik Memelihara Ikan Koi yang Benar

Mengenal Pakan Buatan dan Pakan Alami Ikan Koi


Secara umum, jenis pelet untuk ikan koi terdiri atas pelet sinking (tenggelam) dan pelet floating atau mengambang. Kemudian untuk anakan ikan koi, biasanya mereka memiliki pelet floating yang berasal dari jenis mengapung dimana lama kelamaan bisa tenggelam.

Mengenai pakannya, secara garis besar pakan ikan koi terdiri dari makanan alami dan juga pakan buatan. Sebagian dari pakan ikan koi juga terbuat dari beberapa campuran bahan. Biasanya bahan - bahan yang dicampur untuk membuat pakan ikan koi sendiri seperti bahan aneka sayur, cacing, roti dan aneka buah - buahan.

Baca juga: Sejarah Ikan Koi

Udang dan cacing secara alami menjadi makanan yang sangat disukai oleh ikan koi. Ikan koi juga dapat bertahan hidup hanya dengan memakan tumbuhan alga dan ulat. Pakan tersebut merupakan jenis protein terbaik untuk ikan.

Selain jenis tersebut, sayuran dan juga aneka buah - buahan seperti halnya jeruk dan semangka juga sangat disukai oleh ikan koi. Jika Anda ingin memberikan pakan pabrik untuk ikan koi, pakan mereka biasanya dibedakan atas jenis ikan koi lokal dan import.
Untuk ikan koi lokal, mereka bisa makan sankoi, breeder pro, cp koi dan super save. Sementara pakan untuk ikan koi import meliputi nozomi, mizuho, hikari, saki hikari, kenkokanri, FD, CKK, yamato, shori, fujizakura, aquamaster, LC dan yang lainnya.

Baca juga: Panduan Lengkap Budidaya Ikan Koi

Anda pemilik ikan koi, berikan makanan yang tepat untuk ikan koi Anda. Semoga informasi yang kami berikan tentang cara membedakan ikan koi jantan dan betina diatas semakin menambah informasi dan pengetahuan Anda seputar ikan koi.

Labels: Ikan koi

Thanks for reading Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina"