Begini Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina secara mudah

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina

Ikan louhan merupakan spesies ikan hybrid. Artinya bahwa ikan louhan bukan spesies ikan yang murni berasal dari alam. Ikan louhan muncul karena terjadinya hasil perkawinan silang dengan campur tangan manusia.

Ikan louhan memiliki bentuk tubuh yang sangat cantik dan berbeda dengan jenis ikan lainnya. Hal ini juga karena faktor persilangan yang terjadi untuk mendapatkan jenis ikan ini. Ikan louhan dapat menjadi ikan hias yang dibudidayakan di akuarium atau toples. Cara budidaya jenis ikan ini sangat mudah.

Namun, sebelum Anda benar - benar akan membudidayakan ikan louhan, ada baiknya Anda perlu tahu bagaimana cara membedakan ikan louhan jantan dan betina agar tidak salah langkah dalam setiap proses budidaya yang Anda lakukan. Informasi selengkapnya bisa Anda simak berikut ini!

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina


Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina antara ikan louhan anakan dan indukan berbeda. Disini kita akan mengulasnya secara lengkap dan detail.

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina anakan sebagai berikut:


Bentuk tubuh anakan ikan louhan

Bentuk tubuh ikan louhan anakan yang jantan memiliki tubuh yang lebih panjang dan lebih besar jika dibandingkan dengan bentuk tubuh ikan louhan betina. Selain itu, bagian sirip anakan ikan louhan jantan juga lebih terlihat panjang dan lebih rapi.

Jenong anakan ikan louhan

Untuk jenongnya, anakan ikan louhan jantan terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan yang betina. Walau mereka memiliki usia dan ukuran yang sama.

Warna anakan ikan louhan

Anakan ikan louhan jantan akan memiliki warna yang lebih menarik. Yang dimaksud menarik sendiri adalah bahwa warna anakan lebih cerah dengan pola corak yang beraturan. Tentu berbeda dengan anakan ikan louhan betina.

Alat kelamin anakan ikan louhan

Jika anakan ikan louhan jantan dibalik, kemudian perutnya ditekan Anda akan lihat perbedaannya. Akan terlihat alat kelamin yang memiliki dua sisi lubang yang saling berdekatan dengan tonjolan yang keluar pada anakan ikan louhan jantan.

Sementara untuk anakan ikan louhan betina, louhan betina memiliki dua lubang kelamin yang berjauhan dan ketika ditekan tidak terdapat apa - apa.

Baca juga: Panduan Lengkap Budidaya Ikan Louhan di Akuarium

Sementara jika ingin membedakan ikan louhan jantan dan betina indukan, cara membedakannya sebagai berikut:


Bentuk tubuh indukan ikan louhan

Untuk indukan ikan louhan jantan, bentuk tubuhnya lebih melebar dan memanjang. Sementara untuk indukan ikan louhan betina, bentuk tubuhnya panjang dan cenderung terkesan ramping.

Jenong indukan ikan louhan

Jenong indukan ikan louhan jantan memiliki ukuran yang lebih besar walau usianya masih sama. Indukan ikan louhan betina juga memiliki jenong, namun ukuran jenong tersebut lebih kecil dan jenong juga cenderung tidak memiliki corak.

Warna indukan ikan louhan

Warna dan corak indukan ikan louhan jantan lebih variatif. Untuk ikan louhan jantan indukan, warnanya cenderung lebih cerah. Indukan ikan louhan betina sendiri juga memiliki warna yang cantik namun warnanya lebih terkesan pucat.

Alat kelamin indukan ikan louhan

Jika kita menekan alat kelamin indukan ikan louhan jantan, maka nantinya benjolan kelamin akan keluar dan akan segera mengeluarkan sedikit cairan. Sementara jika perut indukan ikan louhan betina ditekan, maka hal tersebut tidak akan terjadi.

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina juga bisa dilihat dari tingkah lakunya. Anda harus tahu bahwa tingkah laku ikan louhan jantan cenderung lebih agresif dibandingkan tingkah laku ikan louhan betina.

Ikan louhan jantan memiliki sisi ingin menyerang. Gerakannya juga cenderung lebih cepat dan lebih aktif ketika sedang berenang. Anda bisa mengamati hal tersebut jika ingin mengetahui ikan louhan jantan dan betina dari tingkah lakunya.

Sementara untuk gerakan ikan louhan betina, mereka cenderung menampakkan sisi keanggunan. Ikan louhan betina sangat suka memamerkan sirip cantiknya yang gemulai ketika sedang berenang.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Louhan

Anda yang ingin membedakan ikan louhan jantan dan betina baik anakan atau indukan, bisa mengetahui dari ciri diatas. Semoga informasi tentang cara membedakan ikan louhan jantan dan betina yang kami sampaikan bermanfaat.

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Begini Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina secara mudah. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Begini Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina secara mudah"