Cara Memelihara Ikan Platy yang tepat agar ikan yang anda budidaya tidak mudah mati

Cara memelihara ikan platy cendrawasih

Ikan platy atau yang juga dikenal dengan ikan moonfish merupakan jenis ikan yang berasal dari daerah utara dan Amerika Tengah. Ikan platy jantan memiliki panjang tubuh maksimal 4 cm. Sementara ikan platy betina memiliki panjang tubuh maksimal sampai dengan 6 cm.

Ikan platy bisa tumbuh di alam bebas. Ikan platy biasanya mendiami parit, kanal dan sumber mata air hangat. Mereka biasa hidup dengan memakan tanaman - tanaman, krustasea kecil, juga serangga dan cacing annelida.

Ikan platy merupakan jenis ikan hias air tawar dengan corak tubuh yang unik. Jika Anda ingin memeliharanya, Anda harus tahu cara memelihara ikan platy yang tepat agar ikan yang Anda budidayakan tidak mudah mati dan bisa beranak lebih cepat. Berikut cara memelihara ikan platy yang Anda harus tahu!

Cara Memelihara Ikan Platy


Gambar ikan platy mickey mouse
Gambar Ikan Platy Mickey Mouse

Langkah pertama, memilih media yang tepat

Untuk Anda yang ingin memelihara ikan platy, ada beberapa media yang bisa Anda gunakan untuk memeliharanya. Media yang pertama, Anda bisa memelihara ikan platy di kolam. Pastikan Anda memilih kolam lebar yang memiliki suhu air hangat sebagai tempat terbaik bagi ikan platy.

Namun jika Anda tidak punya lahan membuat kolam, Anda bisa memelihara ikan platy di sebuah tabung toples atau jar. Namun, pastikan toples yang Anda gunakan adalah toples kaca besar karena jenis toples ini dapat memberikan kehangatan. Ukurannya yang besar akan memudahkan ikan platy berenang kesana kemari tanpa hambatan.

Atau Anda juga bisa memelihara ikan platy di akuarium. Untuk Anda yang ingin ikan platy sebagai hiasan di ruang tamu rumah Anda, maka akuarium adalah media terbaik budidaya Anda.

Langkah kedua, pilih indukan berkualitas

Cara memelihara ikan platy yang selanjutnya Anda perlu lakukan adalah memilih indukan yang sehat, bagus dan berkualitas. Karenanya, Anda harus pahami dulu seperti apa ciri - ciri indukan yang sehat sebelum membeli benih indukannya.

Pastikan ikan platy memiliki warna yang cerah dan tidak ada pucat. Pastikan gerakannya lincah. Ada perbedaan antara ikan platy betina dan ikan platy jantan. Untuk ikan platy jantan, memiliki bentuk tubuh yang ramping dan perut yang normal. Sementara untuk ikan platy betina, memiliki tubuh tanpa tonjolan dan pastikan ikan platy betina untuk Anda budidayakan berumur lebih dari 3 bulan. Hal ini penting agar ikan tersebut memiliki daya reproduksi yang terbaik.

Langkah ketiga, proses pemijahan ikan platy

Pemijahan diperlukan untuk membentuk ikan platy yang siap budidaya dan siap beranak. Pada tahapan pemijahan ini, ikan platy ditempatkan di sebuah kolam khusus. Pastikan kolam untuk pemijahan ikan platy jauh dari kebisingan.

Hal ini penting agar ikan platy tidak mengalami stress dan pemijahan menjadi lancar. Hal tersebut juga penting agar di kolam pemijahan terdapat tumbuhan air. Fungsinya adalah tumbuhan air tersebut berguna sebagai tempat anakan atau bibit dari ikan platy tersembunyi ini.

Selanjutnya, masukkan indukan jantan dan betina ke dalam sebuah kolam dan pemijahan sendiri perlu dilakukan 1 hari kurang. Semua itu juga tergantung dari suasana sekitar serta kolamnya.

Anda perlu memisahkan ikan platy jantan dari kolam pemijahan setelah prosesnya berlangsung sukses. Kemudian Anda perlu menunggu ikan platy sampai melahirkan kurang lebih sekitar 4 sampai dengan 5 jam. Baru Anda angkat ikan platy betina jika memang sudah ada anakannya.

Lihat juga: Daftar Harga Ikan Platy

Cara merawat anakan ikan platy


Cara memelihara ikan platy yang selanjutnya adalah memberikan perawatan yang tepat pada anakan ikan platy. Setelah bibit anakan ikan platy dilahirkan, Anda bisa berikan anakan tersebut makanan. Anda dapat memberikan makanan anakan ikan platy berupa kuning telur.

Selain itu, makanan seperti jentik nyamuk atau kutu air juga bisa Anda berikan. Namun dalam pemberian makanan, Anda harus tahu batasannya. Jangan sampai memberikan makanan yang terlalu banyak karena akan mengganggu kesehatan anakan ikan platy.

Jadi, pastikan makanan yang anda berikan sedang - sedang saja. Hal ini juga penting agar tidak mengganggu suasana yang ada di dalam kolam. Ketika anakan ikan platy kemudian tumbuh besar, Anda bisa langsung memindahkannya.

Pindahkan anakan ikan platy tersebut ke sebuah kolam yang lebih besar. Hal ini penting agar suasana kolam lebih leluasa dan tidak lagi sesak. Cari tahu juga kadar keamanan jumlah ikan yang bisa dipelihara dalam sebuah kolam.

Masa panen ikan platy


Dari masa perawatan sampai masa panen, waktu yang diperlukan kurang lebih sekitar 2 bulan. Tak perlu waktu yang lama menunggu ikan platy sampai besar sehingga banyak orang yang tertarik membudidayakannya. Dalam satu tahun, Anda bisa mendapatkan panen sebanyak 6 kali.

Baca juga: Sejarah Ikan Platy

Itulah informasi cara memelihara ikan platy untuk Anda. Terapkan cara pemeliharaan diatas dan berikan yang terbaik untuk perkembangan dan pertumbuhan ikan platy yang Anda pelihara.

Labels: Ikan platy

Thanks for reading Cara Memelihara Ikan Platy yang tepat agar ikan yang anda budidaya tidak mudah mati. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Platy yang tepat agar ikan yang anda budidaya tidak mudah mati"