Informasi Sejarah Ikan Arwana dan Asal Usulnya

Arwana super red
Gambar arwana super red

Ikan arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang dibanderol dengan harga yang sangat fantastis. Keelokan tubuhnya dan banyaknya orang yang mencintai ikan ini, sementara cara menemukannya yang sulit menjadikan alasan mengapa ikan arwana dibanderol fantastis.

Berbicara soal harga, bahkan ikan arwana dibanderol jutaan sampai ada yang puluhan juta rupiah. Harganya tergantung keindahan tubuhnya dan kesulitan mendapatkan ikan tersebut. Saking sulitnya mendapatkan jenis ikan hias arwana, sebagian orang tertarik mengetahui sejarah ikan arwana dan asal usulnya.

Anda salah satunya? Anda bisa simak bagaimana sejarah ikan arwana dan asal usulnya dalam uraian informasi di bawah ini!

Sejarah Ikan Arwana dan Asal Usulnya


Sejarah ikan arwana dan asal usulnya arwana green pino
Gambar arwana green pino

Sejarah ikan arwana dan asal usulnya dimulai ketika orang - orang Eropa datang ke Indonesia pada awal abad ke 16 dan 17. Belanda kemudian muncul sebagai penguasa. Kemudian terjadi suatu evolusi keanekaragaman flora dan fauna di bumi nusantara setelah kedatangan mereka.

Pada masa tersebut ditemukan berbagai jenis ikan oleh ilmuwan asal Jerman bernama Muller dan Schlegel. Penelitian tersebut memberikan fakta bahwa ikan yang mereka teliti masih belum dikenal dan memiliki nama. Karena itu kemudian muncul ikan yang diberi nama Osteoglossum formosum yang di Indonesia lebih dikenal sebagai ikan arwana.

Pada tahun 1913, dua ahli zoologi Belanda yaitu Max Weber dan LF de Beaufort mengubah namanya menjadi Scleropages formosus. Kemudian di tahun 1966 dilakukan penelitian kembali oleh seorang ilmuwan Jepang yang bernama Kanazawa dan memberikan nama asli pada ikan tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan penduduk pribumi yaitu ikan arwana.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Jerman tersebut, diketahui terdapat empat genus ikan arwana yaitu arapaima gigas, osteoglossum, genus scleropages dan genus clupisudis. Namun di Indonesia, keempat genus tersebut disebut berdasarkan corak warnanya.

Baca juga: Daftar Harga Ikan Arwana Termahal

Salah satunya adalah penyebutan untuk scleropages formosus yang dikenal dengan nama lain super red arwana. Super red arwana merupakan jenis ikan arwana yang banyak ditemukan di sungai - sungai dan di danau. Beberapa danau yang menjadi habitat terbaik super red arwana di Indonesia yaitu danau Sintang, Kapuas Hulu dan anak sungai Kapuas.

Ikan arwana super red merupakan jenis ikan yang suka hidup di tempat yang tenang dan tidak berbatu. Di ketiga tempat tersebut merupakan tempat yang tenang dan tidak berbatu sehingga sangat cocok untuk habitat super red arwana.

Ikan arwana red banjar
Gambar arwana red banjar

Ada juga jenis Arwana Asia. Ikan arwana Asia ini dikenal memiliki warna perak. Ikan arwana Asia ini disebut juga ikan naga karena sering dikait - kaitkan dengan naga dari mitology Tionghoa. Ikan arwana ini selain di Kalimantan Barat, juga ditemukan di Sumatera. Warna dasar emas yang menjadi ciri khasnya terdapat di bagian kepala dan di bagian ekor arwana.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ikan Arwana

Sementara di Australia, populasi arwana jenis Scleropages jardini dan Scleropages leichardti sangat tinggi. Untuk jenis Scleropages jardini terdapat di sungai Queensland dan di sungai Jardine. Ciri - ciri tubuhnya berbintik merah dengan bagian perut yang berwarna perak.

Sementara jenis kedua yaitu Scleropages leichardti banyak terdapat di sungai Fitzroy, Sungai Mary, Sungai Dawson dan Sungai Burnett Australia. Jenis ini di Indonesia juga ditemukan di beberapa sungai kecil yang terdapat di Papua.

Namun karena pengamatan di Papua yang masih belum sensitif dan menyentuh ke akar - akarnya, menjadikan banyak orang memperkirakan populasi kedua jenis arwana tersebut cukup besar. Sementara jenis silver arwana dan black arwana banyak ditemukan di Amerika Selatan, Amerika Utara dan juga sungai di Afrika.

Di Indonesia sebenarnya populasi ikan arwana belum terdata jelas oleh pemerintah. Sementara arwana Asia merupakan spesies asli ikan arwana yang hidup di sungai - sungai di wilayah Asia Tenggara khususnya di Indonesia.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Arwana

Sampai detik ini, jenis ikan arwana yang terdata pasti belum ada. Namun bisa ditarik kesimpulan bahwa ikan arwana merupakan jenis ikan yang hadir dalam beberapa spesies dengan ciri tubuh yang berbeda pada masing - masing jenisnya. Semoga informasi tentang sejarah ikan arwana dan asal usulnya diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading Informasi Sejarah Ikan Arwana dan Asal Usulnya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Informasi Sejarah Ikan Arwana dan Asal Usulnya"