Inilah Sejarah Ikan Discus dan Asal Usulnya

Bagaimana Sejarah dan asal usul ikan discus

Ikan discus merupakan spesies ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Amerika Serikat. Ikan ini pertama kali dikenalkan di tahun 1840 oleh Dr. Heckel dengan nama Symphysodon Discus. Bentuk ikan ini seperti disket komputer di jaman dahulu.

Ada banyak varian dari ikan discus. Berdasarkan warnanya, ikan discus dibedakan atas tiga jenis yaitu green discus, brown discus dan the blue variant. Seiring dengan berjalannya waktu ketika banyak orang sadar betapa ikan ini indah, banyak orang yang berpikir membudidayakannya.

Budidaya ikan discus sangat mudah. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan lebih membahas tentang sejarah ikan discus dan asal usulnya. Mari kita simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Sejarah Ikan Discus dan Asal Usulnya


Gambar ikan discus albino
Gambar jenis ikan discus albino

Sejarah ikan discus dan asal usulnya dimulai di tahun 1840. Discus pertama kalinya dikenal dengan jenis discus heckle yang berbeda dengan jenis ikan discus yang lain. Jenis ikan discus ini memiliki tiga garis secara vertical yang terbagi atas baris pertama melewati kepala, baris kedua melewati bagian tengah tubuh, sementara baris ketiga melewati garis ekornya.

Kemudian 10 tahun berselang, dengan semakin banyaknya orang yang mencintai ikan hias ini maka berbagai jenis ikan discus semakin bermunculan. Tepat pada tahun 1904, terdapat jenis baru spesies ikan discus yang dikenal dengan nama ikan discus hijau.

Jenis ikan discus hijau ini merupakan jenis ikan discus yang ditemukan pada area danau Tefe dan juga di perairan Peruvian Amazonia. Akan tetapi kecintaan orang tentang discus hijau tidak bertahan lama. Kurang lebih selama 30 tahun kemudian ikan ini terlupakan. Baru dikenal kembali oleh para pecinta ikan discus setelah diperkenalkan di sekitar tahun 1930an.
Pada masa tersebut, jenis ikan hias discus hijau dibudidayakan dengan cara memindahkan telur, kemudian menetaskan telur mereka dalam tempat terpisah. Selanjutnya telur yang sudah menetes dibesarkan.

Baca juga: Tips Merawat Ikan Discus tanpa Heater

Akan tetapi cara tersebut ternyata tidak sepenuhnya work dalam budidaya ikan discus. Hal ini karena terdapat sebuah penelitian yang kemudian memberikan informasi bagaimana budidaya ikan discus ini. Pembudidayaan ikan discus sendiri baru berhasil di akhir tahun 1950an yaitu di zaman Jack Wattley yang terdapat di Amerika dan Eduard Schmidt-Focke di Jerman.

Pada tahun 1950an inilah, ikan discus semakin ramai diperbincangkan. Pada masa tersebut, banyak orang tertarik membudidayakan ikan discus karena tak banyak orang merasa gagal dalam membudidayakannya. Hal ini karena sudah terdapatnya penelitian yang membantu orang - orang dalam budidaya ikan discus.
Banyak orang yang berjuang untuk mulai menghidupkan kembali nama populer discus di awal tahun - tahun sebelumnya. Beberapa orang bahkan menyulap kolam pribadinya menjadi kolam ikan discus. Ada yang memelihara ikan discus di bathupnya. Kemudian juga masih banyak lagi cara orang - orang dalam budidaya ikan discus.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Discus

10 tahun kemudian, di tahun 1960 seorang peneliti bernama Schultz memberikan deskripsi dua sub spesies ikan discus. Dua sub spesies ikan discus tersebut yaitu symphysodon aequifasciata yang merupakan sub discus untuk jenis ikan discus cokelat dan symphysodon haraldi yang merupakan sub discus untuk jenis ikan discus biru.

Memang di tahun tersebut, kelas discus yang dipopulerkan oleh Schultz tidak berjalan mulus. Hal ini karena sistem kelas banyak mengundang kontroversi. Para ahli taksonomi hanya mengakui satu spesies saja, sementara yang dianggap sebagai sub spesies oleh Schultz hanya disebabkan karena variasi perbedaan warna yang hanya bersifat regional saja. Karena itu banyak ahli taksonomi yang menentangnya.

30 tahun selanjutnya, kemudian berbagai strain ikan discus dibuat melalui berbagai seleksi yang dilakukan di Jerman, Jepang dan Amerika. Kemudian di susul di negara - negara lain seperti di Indonesia. Di Indonesia ikan discus dibudidayakan dalam berbagai jenis seperti yang bisa kita temukan sekarang.

Baca juga: Cara Memelihara Ikan Discus

Itulah sejarah ikan discus dan asal usulnya. Anda yang berniat memelihara ikan discus, bisa memulainya sedari sekarang. Pahami cara budidaya yang tepat agar ikan discus cepat besar dan tentunya cepat berkembang.

Labels: Ikan discus

Thanks for reading Inilah Sejarah Ikan Discus dan Asal Usulnya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Inilah Sejarah Ikan Discus dan Asal Usulnya"