Sejarah Ikan Mas Koki dan Asal Usulnya

Gambar ikan mas koki

Ikan mas koki pada dasarnya merupakan jenis ikan hasil domestikasi yang paling tua di dunia. Ikan mas koki bernama latin Catassius auratus yang mulai dipelihara di rumah - rumah pada zaman Dinasti Sung. Sejarah ikan mas koki dan asal usulnya berawal dari zaman Dinasti Sung ini.

Ikan mas koki kemudian tersebar di Indonesia dan hadir dalam berbagai macam jenis. Dari waktu ke waktu dengan semakin populernya jenis ikan mas koki ini menjadikan banyak orang membudidayakannya dan tertarik membahas lebih jauh tentang ikan mas koki. Mengenai sejarah ikan mas koki dan asal usulnya lebih jauh bisa Anda simak dalam informasi di bawah ini!

Sejarah Ikan Mas Koki serta Jenis - jenisnya


Sejarah ikan mas koki dan asal usulnya bermula pada zaman Dinasti Sung. Ikan bernama latin Catassius auratus yang disinyalir merupakan nama ikan mas koki zaman dulu mulai dipelihara di rumah - rumah pada zaman Dinasti Sung.

Banyaknya rumah - rumah di zaman Dinasti Sung yang memelihara Catassius auratus terjadi di China sekitar 960 masehi. Kemudian mulai dikomersialkan pada masa Dinasti Ming pada 1368 sampai dengan 1644 masehi.
Kemudian ikan mas koki mulai merambah ke Jepang sekitar 1500 masehi dan masuk ke benua Eropa sekitar dua abad kemudian. Di Jepang, perkembangan varietas dari ikan mas koki semakin pesat dari ditemukannya suatu cara budidaya terbaru yang mutakhir.

Cara budidaya terbaru untuk ikan mas koki tersebut adalah melalui perkawinan silang. Dihasilkan sebuah varietas baru dengan bentuk variatif seperti yang saat ini ada. Bentuknya ada yang bulat, pendek dan bersirip panjang.

Lihat juga: Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Dari Jepang, ikan mas koki kemudian menyebar ke berbagai wilayah Eropa dan Amerika. Setelah itu baru disebarkan kembali dan populer di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sampai saat ini, ada banyak varietas ikan mas koki. Namun ada beberapa varietas yang dianggap sebagai varietas unggulan diantaranya:

Ikan mas koki goldfish


Ikan mas koki goldfish merupakan jenis ikan koki yang unik. Ikan mas koki goldfish memiliki bentuk ekor yang terbelah dua. Panjang total dari ikan mas koki goldfish sebesar 8 inchi. Ikan ini merupakan jenis ikan mas koki yang berasal dari China.

Ikan mas koki veiltail


Ikan mas koki yang berjenis ikan mas koki veiltail merupakan jenis ikan mas koki berekor rumbai. Banyak orang sulit membedakannya antara ikan mas koki kipas dan ikan mas koki rumbai. Cara membedakannya yaitu sirip ekor ikan mas koki rumbai panjang dan terbelah menjadi dua.

Pada ikan mas koki veiltail, sirip ekornya terkesan sangat panjang dibandingkan jenis ikan mas koki yang lain. Bahkan saking panjangnya ekor ikan mas koki ini sampai ekornya terkesan seperti menggantung ke bawah. Juga terdapat sirip punggung yang tinggi pada jenis ikan mas koki ini.

Baca juga: Jenis-jenis Penyakit Ikan Mas Koki

Ikan mas koki oranda


Ikan mas koki oranda memiliki kepala yang mirip singa. Akan tetapi siripnya berada di punggung. Warna yang terkenal adalah tancho oranda dengan badan berwarna putih yang diatas kepalanya terdapat corak berwarna merah.

Ikan mas koki lionhead


Jenis ikan mas koki ini berbeda dengan jenis ikan mas koki oranda. Ikan mas koki lionhead memiliki kepala mirip singa akan tetapi tidak memiliki sirip di bagian punggung dan sirip anal. Sirip ekor ikan mas koki lionhead panjang dan kaku.

Ikan mas koki bubble eyes


Ikan mas koki bubble eyes memiliki mata normal. Akan tetapi pelupuknya menggelembung seperti balon. Gelembung yang terdapat di tubuhnya itu menjadikan ikan mas ini diberi nama ikan mas koki bubble eyes. Ciri lainnya adalah ikan ini tidak memiliki sirip punggung.

Ikan mas koki blackmoor


Jenis ikan mas koki blackmoor memiliki ciri warna hitam kelam. Pada usia muda, ikan mas koki ini berwarna cokelat kemerahan. Adapun ekornya seperti kipas dan kemudian matanya berkembang seperti mas koki teleskop.

Baca juga: Panduan Lengkap Budidaya Ikan Mas Koki

Itulah informasi tentang jenis ikan mas koki yang paling populer beserta informasi tentang sejarah ikan mas koki dan asal usulnya. Semoga menjadi informasi yang semakin menambah wawasan kita semua.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading Sejarah Ikan Mas Koki dan Asal Usulnya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Sejarah Ikan Mas Koki dan Asal Usulnya"