Cara Memelihara Ikan Cupang yang baik bagi Pemula

Cara memelihara ikan cupang hias
Gambar cupang hias

Cara memelihara ikan cupang ini sebetulnya mudah sekali, akan tetapi meksipun demikian hingga sekarang masih ada banyak orang yang belum mengetahui cara memelihara ikan tersebut dengan benar. Makanya melalui postingan kali ini kami akan menginformasinya cara mudahnya untuk Anda agar Anda bisa merawat dan memelihara ikan cupang ini sendiri di rumah dengan baik dan benar.

Ikan cupang adalah jenis ikan yang paling mudah dalam hal perawatannya. Ikan ini biasanya dijadikan sebagai ikan hias bagi para pecinta ikan hias. Di aquarium ikan tersebut akan tampak sangat cantik, sebab memiliki berbagai ukuran dan warna - warna yang beragam. Untuk memelihara ikan cupang ini Anda tak butuh alat sirkulasi udara seperti ikan lainnya, namun untuk memudahkan Anda memelihara dan merawat ikan cupang tersebut, mari simak langkah - langkahnya di bawah ini.

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Cupang


Pemilihan aquarium

Ikan cupang ini pada dasarnya merupakan jenis ikan soliter, sehingga sangat disarankan sekali untuk memeliharanya di aquarium yang berukuran kecil saja. Sebab jika dipelihara di aquarium berukuran besar hanya akan membuang - buang tempat saja, karena jenis ikan ini sulit untuk diletakkan di dalam satu tempat dalam jumlah yang banyak.

Pemilihan airnya

Untuk urusan yang satu ini, Anda sangat disarankan sekali untuk menggunakan air sumur. Sebab, jenis air tersebut memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang, yakni di rawa - rawa dan sawah. Tapi jika memang tidak ada air sumur, maka Anda juga bisa menggunakan air PAM atau sumber air lainnya. Tetapi sangat disarankan sekali agar Anda mendiamkan terlebih dulu air tersebut di ember sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam aquarium.

Oh iya, penting sekali untuk Anda tahu juga bahwa agar ikan cupang Anda tersebut memiliki umur yang panjang, silakan ganti airnya minimal 3 hari sekali. Sebab, jenis ikan ini jauh lebih baik pertumbuhannya jika airnya selalu terjaga kebersihannya.

Baca juga: Panduan Budidaya Ikan Cupang

Menjemur ikan cupang

Kegiatan yang berikut ini bisa Anda lakukan tidak terlalu sering. Penjemuran ikan cupang tersebut memiliki tujuan agar ikannya lebih fresh dan dapat membunuh bakteri maupun jamur yang ada di kulit ikan cupang juga di dalam aquariumnya. Tetapi demikian, Anda tidak disarankan menjemur ikan cupang yang memiliki warna hitam yang dominan. Anda bisa melakukan penjemuran ikan cupang ini di jam 8 - 10 pagi selama 10 menit.

Pemberian makanan

Ada banyak sekali jenis makanan yang disukai oleh jenis ikan hias satu ini, mulai dari makanan alami hingga makanan yang diolah manusia. Pada saat Anda akan memberikan makan ikan cupang, Anda hanya perlu menaburkannya ke dalam aquarium. Anda bisa memberikan makan ikan cupang ini secara bertahap, hindari memberikan makanan yang terlalu banyak, sebab makanan yang masih tersisa bisa membuat aquarium jadi kotor, bahkan hal tersebut juga bisa memicu munculnya penyakit pada ikan cupang Anda.

Baca juga: Jenis - jenis Penyakit Ikan Cupang

Pemberian daun ketapang

Cara memelihara ikan cupang yang berikutnya adalah dengan memberikan daun ketapang. Daun ketapang ini sangat bermanfaat sekali bagi ikan cupang. Jika Anda melihat ikan cupang terlihat gelisah dan mondar - mandir kesana - kemari, maka Anda bisa mencoba memasukkan beberapa helai daun ketapang tersebut. Jika sudah tutup aquariumnya dengan plastik berwarna hitam supaya ikan cupang kembali tenang seperti semula.

Tidak hanya ampuh membuat ikan cupang yang gelisah jadi lebih tenang, ternyata daun ketapang ini juga bisa digunakan untuk memberi efek alami pada aquarium Anda. Tetapi Anda juga tidak disarankan untuk memberikan yang terlalu banyak daun ketapang tersebut, sebab yang demikian tersebut malah akan membuat airnya gelap dan keindahan ikan cupang pun jadi tidak terlihat.

Melatih ikan cupang aduan


tips memelihara dan melatih ikan cupang aduan
Gambar ikan cupang aduan

Pada dasarnya ada banyak sekali cara yang bisa dicoba untuk melatih ikan cupang aduan. Pertama adalah dengan mencoba meletakkan di jantur, yakni berupa wadah plastik memanjang ke atas. Latihan tersebut nantinya akan semakin memperkuat nafasnya sehingga tak akan mudah menyerah saat adu ciuman sampai ke dasar aquarium.

Kemudian untuk cara kedua adalah dengan meletakkan ikan cupang ini dalam sebuah toples yang bulat, lalu silakan Anda coba putar - putar airnya berlawanan dengan arah jarum jam. Cara tersebut dipercaya bisa memperkuat fisik dan stamina ikan cupang. Lalu untuk cara yang terakhir, yakni dengan meletakkan ikan cupang ke dalam toples yang tertutup. Jika sudah, kocok toplesnya ke segala arah selama beberapa detik saja. Diamkan sebentar kemudian kocok kembali selama 10 menit. Latihan ini sangat berguna sekali untuk memperkuat mental ikan cupang, sehingga ikan cupang pun jadi lebih berani lagi melawan siapa pun.

Baca juga: Ciri Ikan Cupang Aduan yang bagus

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memelihara ikan cupang yang benar. Semoga bermanfaat.

Labels: Ikan cupang

Thanks for reading Cara Memelihara Ikan Cupang yang baik bagi Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Cupang yang baik bagi Pemula"