Mengenal Ikan Molly Balon dan Cara Tepat untuk Memeliharanya

Jenis ikan molly balon

Blogikan.com - Pada saat Anda ingin mengenal ikan Molly balon, Anda akan mengetahui bahwa ikan Molly balon merupakan ikan yang berasal dari Amerika Selatan dan dapat hidup di perairan air tawar maupun air payau. Ikan dengan ukuran tubuh sepanjang 3 hingga 5 cm ini memiliki penampilan yang lucu dan mudah untuk dikembangbiakkan. Hanya dengan menggunakan media aquarium berukuran sedang, ikan Molly balon dapat dikembangbiakkan.

Ikan Molly balon sendiri masuk ke dalam genus Poecilia dan spesies Poecilia sphenops dan memiliki warna tubuh yang bervariasi. Untuk mendapatkan keturunan dengan penampilan yang menarik, Anda dapat menyilangkan dua jenis ikan Molly balon dengan warna tubuh yang berbeda. Sebelum memutuskan untuk mengembangbiakkan ikan Molly, Anda harus melakukan perawatan dengan baik guna menghindari kematian dini sebelum perkawinan.

Sama halnya dengan memelihara hewan lainnnya, ikan Molly balon hanya dapat hidup pada lingkungan yang bersih. Ikan Molly balon dapat hidup di dalam aquarium tanpa harus menggunakan oksigen tambahan. Meskipun begitu, aquarium harus bersih dan terbebas dari jamur dan bakteri. Seperti yang Anda ketahui, jamur dan bakteri di dalam air mampu menciptakan penyakit dan kematian bagi ikan Molly balon.

Baca juga: Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

Untuk menjaga kebersihan aquarium, Anda harus rajin-rajin mengganti air aquarium dan membersihkan kapas filter yang ada pada aquarium sehingga terbebas dari kotoran. Setelah menjaga kebersihan media filter, berikut merupakan cara merawat ikan Molly balon lainnya yang dapat Anda ikuti:

Mengenal Ikan Molly Balon dan Tips Cara Memeliharanya


Molly balon

Mengatur suhu air dan mengatur tingkat keasaman air


Ketika Anda telah mengenal ikan Molly balon dengan baik, Anda akan memiliki pemahaman mengenai lingkungan hidup ikan Molly balon. Ikan Molly balon adalah jenis ikan tropis yang dapat hidup pada air dengan suhu 25º C hingga 28º C. Selain itu, ikan Molly balon hanya dapat bertahan hidup pada air dengan Ph 7 hingga 8. Jika Anda tidak memperhatikan suhu dan Ph air, Anda akan kesulitan untuk merawat ikan Molly balon dengan baik.

Baca juga: Jenis Ikan molly Termahal

Pilih ikan lain dengan ukuran yang serupa


Jika Anda ingin memasukkan jenis ikan lain ke dalam aquarium yang berisikan ikan Molly balon, pastikan jika ikan tersebut memiliki ukuran tubuh yang serupa dengan ikan Molly balon. Hal ini dilakukan guna menghindari stress dan kematian pada ikan Molly balon.

Pemberian pakan secukupnya


Tidak hanya memberikan pakan dengan kualitas terbaik, memberikan pakan dengan takaran yang cukup menjadi bentuk perawatan ikan Molly balon lainnya yang dapat Anda lakukan. Selama satu hari, Anda hanya cukup memberikan pakan sebanyak dua kali. Ketika Anda menemukan pakan yang tersisa di dalam aquarium, segera bersihkan sehingga air di dalam aquarium selalu berada dalam keadaan yang bersih.

Perawatan ikan Molly balon semakin lengkap
jika Anda selalu menjaga kebersihan dan kualitas air. Agar air selalu berada dalam keadaan yang bersih, lakukan pergantian air setiap 1 hingga 2 minggu untuk aquarium dengan ukuran yang kecil dan 3 hingga 4 minggu untuk aquarium berukuran besar.

Lihat juga: Jenis dan Harga Ikan Molly Balon

Ketika melakukan pergantian air, usahakan agar Anda tidak mengganti keseluruhan air yang berada di dalam aquarium karena dapat menyebabkan ikan stress atau mati. Dengan melakukan perawatan ikan yang tepat, ikan Molly balon yang Anda pelihara dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Mengenal ikan Molly balon tentunya akan semakin lengkap ketika Anda mengetahui cara-cara untuk memelihara ikan Molly balon.

Labels: Ikan molly

Thanks for reading Mengenal Ikan Molly Balon dan Cara Tepat untuk Memeliharanya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Ikan Molly Balon dan Cara Tepat untuk Memeliharanya"