Kenali Ciri - Ciri Jenis Ikan Louhan Kamfa dan Tips Cara Merawatnya dengan Baik

Gambar ikan louhan kamfa f3
Gambar louhan kamfa f3

jika diperhatikan dengan baik, ikan Louhan memiliki penampilan yang cukup unik. Keunikan ikan Louhan berada pada bagian dahinya yang terlihat menonjol atau jenong. Meskipun identik dengan dahinya yang terlihat jenong, ikan Louhan dapat pula dikatakan baik berdasarkan dengan warna tubuh dan kemudahan dalam mengembangbiakkannya.

Dari sekian jenis ikan Louhan yang banyak dipelihara oleh para pecinta ikan, ikan Louhan Kamfa menjadi jenis ikan Louhan yang banyak diminati. Ikan Louhan Kamfa sendiri masuk ke dalam jenis flowerhorn dan hasil persilangan dari genus Vieja. Hasil persilangan genis Vieja membuat ikan Louhan Kamfa memiliki sifat yang baru, yakni memiliki mulut yang pendek, mata cekung dan dahi jenong yang lebih besar jika dibandingkan dengan ikan Louhan lainnya.

Karena memiliki penampilan yang mempesona dan menggairahkan, banyak pecinta ikan hias yang berusaha mempelajari ciri-ciri jenis ikan Louhan Kamfa dan tips cara merawatnya. Dengan informasi yang mereka dapatkan, para pecinta ikan Louhan Kamfa dapat memelihara dan mengembangbiakkannya dengan cara yang tepat.

Baca juga: Begini Tips Memilih Anakan Ikan Louhan Berkualitas Bagus

Ketika membahas mengenai ciri - ciri jenis ikan Louhan Kamfa dan tips cara merawatnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenal ciri - ciri ikan Louhan Kamfa terlebih dahulu. Setelah mengenai ciri - ciri dari ikan Louhan Kamfa, informasi selanjutnya yang harus diketahui adalah bagaimana cara untuk merawat ikan Louhan Kamfa. Guna mengetahui lebih lanjut mengenai ciri - ciri yang dimiliki oleh ikan Louhan Kamfa, simak penjelasannya di bawah ini:

Menganal Ciri Fisik ikan Louhan Kamfa


Cara merawat ikan louhan kamfa v8
Gambar louhan kamfa v8

Bentuk bibir ikan

Untuk mengetahui apakah ikan Louhan yang dilihat merupakan jenis ikan Louhan Kamfa, kita dapat melihatnya dari bentuk bibir ikan tersebut. Ikan Louhan Kamfa memiliki bentuk bibir yang rata. Pada bagian atas dan bagian bawah bibir ikan memiliki panjang yang sama dan terlihat merapat. Bentuk bibir ini tidak akan ditemukan pada jenis ikan Louhan yang lainnya.

Corak warna

Seperti yang kita ketahui, ikan Louhan yang berkualitas memiliki corak tubuh yang sempurna. Ikan Louhan Kamfa memiliki corak yang mirip dengan bentuk bunga. Ukuran corak berbentuk bunga ini memiliki ukuran yang besar dan tertata dengan rapih.

Ukuran sisik

Jika ikan Louhan biasa memiliki sisik berukuran kecil, ikan Louhan Kamfa justru memiliki sisik berukuran besar. Selain memiliki ukuran yang besar, sisik pada ikan Louhan Kamfa terlihat lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis ikan Louhan yang lainnya.

Warna ikan

Warna ikan jenis Louhan Kamfa memiliki kesamaan dengan Louhan Cencu. Ikan Louhan Kamfa memiliki tubuh dengan dasar warna hijau dan warna merah. Kedua warna ini dapat ditemukan pada anakan ikan Louhan Kamfa. Warna khas yang paling jelas pada ikan Louhan Kamfa adalah merah kekuningan pada saat ikan Louhan Kamfa dewasa.

Baca juga: Daftar Lengkap Jenis ikan Louhan dan Harganya

Untuk melengkapi pengetahuan seputar ciri-ciri jenis ikan Louhan Kamfa, informasi selanjutnya yang harus kita ketahui adalah tips bagaimana memelihara ikan Louhan Kamfa dengan baik dan benar. Mengenal ciri-ciri jenis ikan Louhan Kamfa dan tips cara merawatnya menjadi pengetahuan dasar bagi para pecinta ikan yang memutuskan untuk memelihara ikan Louhan Kamfa. Berikut penjelasannya:

Cara Merawat Ikan Louhan Kamfa


Mempersiapkan aquarium

Cara pertama untuk merawat ikan Louhan Kamfa adalah mempersiapkan aquarium dengan ukuran yang ideal. Ukuran aquarium yang ideal untuk ikan Louhan Kamfa adalah berukuran 3 hingga 4 kali dari ukuran tubuh ikan Louhan Kamfa. Ikan Louhan Kamfa merupakan jenis ikan yang agresif dan membutuhkan ruang yang luas untuk bergerak. Tidak hanya ukuran, ketika mempersiapkan aquarium kita juga harus memperhatikan akan ketebalan kaca, jenis perekat dan jenis kaca yang digunakan.

Mengontrol aquarium

Setelah mempersiapkan aquarium yang sesuai, cara lain merawat ikan Louhan Kamfa adalah dengan selalu memperhatikan atau mengontrol aquarium. Suhu dan pH air merupakan hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengontrol aquarium. Ikan Louhan Kamfa dapat hidup di air dengan suhu 25º C hingga 27º C dan dengan pH air 6 hingga 7.

Menata interior aquarium

Guna memberikan tempat hidup ikan Louhan Kamfa yang nyaman, interior aquarium harus diperhatikan dengan baik. Tanaman air dan bebatuan menjadi jenis interior yang dapat digunakan.

Baca juga: Ciri - ciri Ikan Louhan Kamfa Berkualitas Kontes

Labels: Ikan louhan

Thanks for reading Kenali Ciri - Ciri Jenis Ikan Louhan Kamfa dan Tips Cara Merawatnya dengan Baik. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Kenali Ciri - Ciri Jenis Ikan Louhan Kamfa dan Tips Cara Merawatnya dengan Baik"