Ini dia Jenis dan Harga Ikan Koi Termahal Saat ini

Gambar jenis ikan koi termahal di dunia

Informasi Harga Ikan Koi Termahal - Ikan koi adalah ikan air tawar yang banyak digemari oleh para pecinta ikan. Bahkan menurut kepercayaan orang Jepang, ikan koi adalah simbol cinta dan juga simbol persahabatan. Ikan asal Jepang ini juga dipercaya memberikan berbagai keuntungan bagi pemiliknya. Karenanya pecinta ikan koi akan memberikan yang terbaik bagi ikan peliharaannya. Tidak hanya itu saja, pecinta ikan koi bahwa rela mengeluarkan uang sangat banyak untuk membeli ikan koi termahal, ikan koi dengan kualitas terbaik yang memiliki corak atau pola warna yang sempurna.

Tidak mengherankan apabila ada ikan koi yang dijual hingga milyaran rupiah, tidak hanya jutaan rupiah saja. Hal ini dikarenakan proses untuk mendapatkan kualitas ikan koi yang bagus cukup rumit dan sulit. Dahulu orang-orang Jepang bekerja dengan keras untuk mengembangkan dan juga menghasilkan ikan koi yang mampu memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan. Nah, untuk menghasilkan ikan koi super tersebut dibutuhkan waktu bertahun-tahun, mulai dari memilih indukan berkualitas yang telah terjamin kemurnian keturunannya (bukan hasil perkawinan silang), perawatan ikan koi, pemilihan kolam dan perawatan kolam, pemilihan makanan, air dan juga nutrisi yang penting untuk ikan koi.

Jadi tidak mengherankan apabila ikan koi super dapat dihargai sangat mahal. Bahkan peternak di Jepang yang berhasil memelihara ikan koi dengan kualitas super pun tidak banyak. Karena nilainya yang tinggi, banyak ikan koi kualitas super yang hilang karena dicuri. Namun diantara sekian banyak faktor yang perlu diperhatikan saat mengembangkan ikan koi super, faktor yang paling berpengaruh adalah gen dari ikan koi itu sendiri. Semakin murni keturunan ikan koi tersebut, harganya pun bisa semakin tinggi, setinggi langit.

Jenis - Jenis Ikan Koi Termahal di dunia


Harga ikan koi sanke
Ikan koi sanke

Ada banyak sekali ikan koi kualitas super yang dijual dengan harga fantastis, namun baru-baru ini ikan koi termahal dijual dengan harga 20-an milyar rupiah atau lebih tepatnya 203 juta yen yang setara dengan 26 milyar rupiah. Ikan koi Carp, varietas Kohaku dengan corak berwarna putih dan merah berukuran 101 cm yang akhirnya diberi nama S Legend tersebut terjual di tahun 2018 oleh orang yang berasal dari Taiwan. Sebelumnya juga ada ikan koi dengan nama Black Dragon berukuran 57 cm yang terjual dengan harga 2,9 milyar rupiah.

Ketika membeli seekor ikan koi, anda harus berhati-hati agar tidak mendapatkan ikan yang cacat. Karena terkadang cacat pada ikan tidak terlalu terlihat, padahal cacat tersebut dapat mengurangi nilai atau harga dari ikan koi tersebut. Misalnya saja ikan koi Sanke yang berkualitas tinggi dapat terjual dengan harga 6000-7000 USD bahkan bisa lebih dari itu, namun ketika terdapat cacat pada ikan seperti bekas luka atau ada mata yang hilang, harga ikan akan langsung anjlok dan dapat dibeli hanya dengan harga 200 USD saja atau lebih murah dari harga tersebut, tergantung dari tingkat kecacatan yang ada pada ikan.

Baca juga: Tips Memilih Ikan Koi Berkualitas Bagus

Untuk mengetahui jenis-jenis ikan koi termahal dan terbaik, anda harus mengetahui kelebihan serta kekurangan yang dimiliki ikan tersebut. Karena terkadang jumlah varietas ikan koi yang terlalu banyak dapat membuat bingung para pecinta ikan, terutama yang masih pemula. Langsung saja, berikut adalah jenis-jenis ikan koi yang paling mahal berdasarkan tiap klasifikasi:

gambar ikan koi shiro bekko
Shiro bekko

Klasifikasi Gosanke


Ikan Koi Kohaku

Jenis Kohaku adalah jenis ikan koi yang paling terkenal dan paling tua di antara ikan koi lainnya. Dengan warna dasar putih yang dilapisi dengan warna merah, ikan Kohaku sangat menarik minat para pecinta ikan koi untuk memeliharanya. Ikan koi Kohaku yang berkualitas memiliki warna merah yang cerah, tidak memiliki bercak noda pada warna dasarnya, dan adanya pola warna kombinasi dari putih dan merah di sepanjang tubuhnya. Ikan inilah yang menjadi ikan koi termahal pada tahun 2018 hingga sekarang karena telah terjual hingga 26 milyar rupiah.

Ikan Koi Sanke

Ikan koi ini dikenal juga dengan sebutan Sanke Taisho yang memiliki warna putih sebagai dasarnya serta pola warna merah dan bercak hitam pada tubuhnya. Ikan koi Sanke merupakan hasil perkawinan dari ikan koi Shiro Bekko dan ikan koi Kohaku, jadi tidak mengherankan apabila warnanya mirip-mirip dengan ikan koi Kohaku. Ikan koi Sanke yang berkualitas memiliki perpaduan antara warna merah dan putih seperti ikan koi Kohaku namun dengan bintik hitam di punggungnya, tidak sampai ke kepalanya.

Ikan Koi Showa Sanshoku

Lebih dikenal dengan nama ikan koi Showa, ikan koi ini juga memiliki kombinasi warna putih, merah dan juga hitam. Sekilas mirip dengan ikan koi Sanke, namun yang membedakan adalah pola kombinasi ketiga warnanya. Ikan koi Showa memiliki warna hitam di sepanjang tubuhnya dan juga di kepalanya, sedangkan ikan koi Sanke hanya ada di atas tubuh saja namun tidak di kepala.

Baca juga: Daftar Ikan Koi Tercantik Di Dunia

Klasifikasi Bekko


Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan koi jenis ini, seperti namanya memiliki dasar warna putih (Shiro dalam bahasa Jepang berarti putih) dan memiliki pola berwarna hitam kecil-kecil di seluruh tubuhnya. Corak hitam ini seimbang dan memiliki garis tepi yang tajam. Bila dilihat sekilas, maka anda akan kesulitan dalam membedakan ikan koi Shiro Utsuri dan Shiro Bekko karena sama-sama memiliki pola warna yang mirip. Yang membedakan adalah warna dasar kedua jenis ikan koi tersebut, pada ikan koi Shiro Utsuri, warna dasarnya adalah hitam dengan warna putih sebagai polanya. Berkebalikan dengan ikan koi Shiro Utsuri, ikan koi Shiro Bekko memiliki warna dasar putih dengan warna hitam sebagai polanya.

Ikan Koi Ki Bekko

Satu diantara sekian banyak jenis ikan koi yang memiliki warna kuning sebagai warna dasarnya dan warna hitam sebagai corak warnanya. Ikan koi Ki Bekko juga memiliki pola warna yang mirip dengan ikan koi Ki Utsuri, yang membedakan adalah warna dasar dan polanya. Pada ikan koi Ki Utsuri, ia memiliki warna dasar hitam dengan pola berwarna kuning. Namun saat ini ikan koi Ki Bekko sangat sulit dicari dibandingkan dengan ikan koi yang termasuk dalam ikan koi termahal lainnya.

Ikan Koi Aka Bekko

Warna dasar dari ikan koi Aka Bekko sama seperti namanya, yaitu merah (Aka dalam bahasa Jepang berarti merah) dengan pola berwarna hitam yang biasanya berada di punggung ikan. Warna hitamnya begitu kontras namun terlihat serasi dengan warna merah sebagai warna dasarnya. Sama seperti ikan koi varietas Bekko lainnya, ikan koi Aka Bekko juga memiliki kembaran bernama ikan koi Aka Utsuri yang memiliki warna dasar hitam dengan corak berwarna merah. Semakin tumbuh besar, ikan koi Aka Bekko akan memiliki spot warna hitam yang sangat indah dan juga menarik untuk dipandang.

Lihat juga: Daftar Harga Ikan Koi Lengkap Terbaru

Daftar Harga Ikan Koi Termahal Terbaru



Jenis Ikan Koi Harga Terbaru
Koi Dainichi Showa Rp. 106.000.000
Koi Showa Rp. 32.000.000
Koi Kohaku Rp. 63.000.000
Koi Asogi Rp. 6.000.000
Koi Bekko Rp. 9.000.000
Koi Sanke Rp. 22.000.000

Labels: Ikan koi

Thanks for reading Ini dia Jenis dan Harga Ikan Koi Termahal Saat ini. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ini dia Jenis dan Harga Ikan Koi Termahal Saat ini"