Jenis - Jenis Ikan Platy yang Banyak Dipelihara

Macam macam jenis ikan platy dan gambarnya

Jenis Ikan Platy - Hobi memelihara ikan hias merupakan jenis kegiatan yang menarik dilakukan. Mereka yang memiliki hobi memelihara ikan biasanya memiliki metodenya tersendiri dalam menilai ikan hias yang akan dipelihara. Salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara adalah ikan Platy.

Ikan yang dikenal pula dengan ikan Melatis atau ikan Platies ini merupakan jenis ikan tropis yang mudah dirawat. Ikan Platy dapat berkembang biak dan mampu beradaptasi di tempat baru dengan mudah. Ikan Platy sangat tepat dipilih sebagai ikan hias karena sifatnya yang sangat bersahabat. Karena sifatnya yang tidak merusak, ikan Platy dapat hidup berdampingan dengan jenis ikan hias lainnya.

Karena sifatnya inilah, ikan Platy sangat tepat dipilih dan dipelihara di rumah. Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan Platy, Anda dapat memilih jenis jenis ikan Platy yang sesuai dengan selera. Sekedar informasi, ikan Platy memiliki jenis dan penampilan yang berbeda.

Platy Gold Wagtail merupakan salah satu jenis ikan Platy yang sering kali dijadikan hewan peliharaan. Ikan ini memiliki warna tubuh berwarna kuning keemasan dan memiliki bagian perut yang menggembung. Dilihat dari bagian ekornya, ikan Platy Gold Wagtail memiliki ekor yang pendek. Platy Gold Wagtail dapat hidup di air dengan pH 6,5 hingga 8.

Baca juga: Tips Cara Memelihara Ikan Platy

Selain Gold Wagtail, berikut jenis jenis ikan Platy yang banyak dipelihara oleh pecinta ikan:

Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Platy


Jenis ikan Platy Gold Wagtail
Jenis Platy Gold Wagtail


Platy Variegated Pattern


Gambar ikan Platy Variegated Pattern
Jenis Platy Variegated Pattern

Jika Anda memperhatikan penampilan dari ikan Platy Variegated Pattern, Anda akan melihat banyaknya bercak pada tubuh ikan Platy. Bercak-bercak yang ada pada tubuh ikan Platy merupakan ciri khas yang dimiliki oleh Platy Variegated Pattern. Untuk warna dasar tubuh ikan, ikan Platy Variegated Pattern tidak memiliki warna yang menentu. Baik ekor dan bagian punggung ikan memiliki warna dasar yang berbeda-beda.

Platy Pepper Pattern


Gambar ikan Platy Pepper Pattern
Jenis Platy Pepper Pattern

Platy Pepper Pattern memiliki warna bintik yang cerah dan gelap pada bagian tubuhnya. Pola warna pada tubuh ikan tidak teratur sehingga Anda akan merasa kesulitan untuk melihat detail dari corak warna yang ada pada tubuh ikan Platy. Corak ikan dapat ditemukan di bagian ekor dan sirip ikan.

Platy Tuxedo Pattern


Gambar jenis ikan Platy Tuxedo Pattern
Jenis Platy Tuxedo Pattern

Platy Tuxedo Pattern memiliki warna emas yang lebih dominan jika dibandingkan dengan jenis ikan Platy lainnya. Warna emas yang kemerahan menjadi warna utama yang dimiliki oleh Platy Tuxedo Pattern.

Platy Rainbow Pattern


Gambar ikan Platy Rainbow Pattern
Gambar Platy Rainbow Pattern

Ikan Platy Rainbow Pattern memiliki warna tubuh yang beranekaragam layaknya pelangi. Warna merah, hijau dan warna kuning menjadi warna-warna utama yang ada pada tubuh ikan Platy Rainbow Pattern. Kontras warna pelangi pada ikan Platy terlihat jelas pada bagian tubuh dan ekornya.

Platy Twin Bar


Jenis ikan Platy Twin Bar
Gambar Platy Twin Bar

Jenis ikan Platy lainnya yang dijadikan hewan peliharaan adalah ikan Platy Twin Bar. Ikan Platy Twin Bar memiliki warna hitam di bagian ekor bawah dan bagian ekor atas. Untuk bagian tubuhnya sendiri, Platy Twin Bar memiliki warna yang berbeda-beda.

Platy Hifin


Ikan Platy Hifin
Jenis ikan Platy Hifin

Ikan Platy Hifin merupakan jenis ikan Platy yang biasa Anda lihat pada penjual ikan hias. Platy Hifin memiliki sirip yang memanjang di bagian punggungnya.

Platy Pintail


Jenis ikan Platy Pintail
Jenis Platy Pintail

Platy Pintail memiliki ekor berukuran panjang di bagian tengahnya. Jika dilihat sekilas, ikan Platy Pintai memiliki penampilan yang mirip dengan Platy pedang.

Meskipun merupakan jenis ikan peliharaan yang banyak dipilih oleh masyarakat, ikan Platy dijual dengan harga yang berbeda-beda. Perbedaan harga jual ikan Platy dapat dibedakan berdasarkan dengan jenis ikan Platy yang dipilih. Di pasaran, ikan Platy dijual dengan harga yang bersahabat dan terjangkau.

Lihat juga: Daftar Harga Ikan Platy Terbaru

Meskipun tergolong ikan hias dengan harga jual yang murah, Anda juga akan menemukan ikan Platy yang dijual dengan harga sedikit lebih mahal. Mahalnya harga jual dari ikan Platy didasari oleh umur ikan, warna ikan dan bentuk dari ikan Platy itu sendiri. Tidak hanya itu, sulitnya menemukan jenis ikan Platy menjadi alasan lainnya yang membuat ikan Platy dijual dengan harga yang mahal. Berikut ini merupakan jenis jenis ikan Platy yang dijual dengan harga mahal:

Jenis Ikan Platy Termahal


Blue Mickey Mouse

Gambar ikan platy Blue Mickey Mouse serta harganya
Platy Blue Mickey Mouse

Blue Mickey Mouse memiliki 1 bulatan berukuran besar pada bagian badan dan 2 bulatan kecil di bagian ekornya. Warna terang layaknya neon menjadi pesona yang dimiliki oleh Blue Mickey Mouse. Untuk membeli satu ekor Blue Mickey Mouse, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 20.000.

Platy Sunset

Gambar dan harga ikan Platy Sunset
Gambar Ikan Platy Sunset

Jenis ikan Platy lainnya yang dijual dengan harga mahal adalah Platy Sunset. Karena penampilannya yang serupa dengan ikan mas, Platy Sunset sering disebut sebagai adiknya dari ikan mas. Warna kuning keemasan merupakan warna dominan yang dimiliki oleh Platy Sunset. Ikan ini dijual dengan harga Rp. 15.000 per ekornya.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Platy

Labels: Ikan platy

Thanks for reading Jenis - Jenis Ikan Platy yang Banyak Dipelihara. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis - Jenis Ikan Platy yang Banyak Dipelihara"