Bagaimana Cara Memilih Koi Kohaku, Sanke, Showa Yаng Bagus Untuk Diperlombakan?

Memilih ikan koi yang bagus untuk kontes

blogikan.com - Koi merupakan salah satu jenis ikan yang cukup terkenal dan sering diperlombakan dalam kontes ikan koi terbaik. Karenanya banyak peminat koi yang mencari tahu bagaimana cara memilih koi Kohaku, Sanke, Showa уаng bagus. Asosiasi ikan koi yang ada di Jepang sendiri telah menggolongkan ikan koi menjadi beberapa varietas, lebih tepatnya 13 varietas berdasarkan pola warna yang ada di tubuh ikan koi. Beberapa varietas dari 13 varietas tersebut adalah Kohaku, Taisho Sanshoku, Showa Sasoku, Hikari Moyo, Kawarimono, Utsurimono, Koromono, Hikari Mono, dan Bekko.

Walaupun ikan koi memiliki beberapa varietas, sebenarnya semua jenis ikan koi berasal dari warna tunggal yang sama, yaitu warna merah, putih, hitam, kuning, keperakan dan keemasan. Dari warna tunggal tersebutlah muncul komposisi 2 warna, 3 warna hingga multi warna yang disebut dengan nama ghosiki. Bila anda adalah pecinta ikan koi dan tertarik untuk mengikuti kontes ikan koi, anda harus tahu jenis-jenis ikan koi juara. Dalam artikel ini akan dibahas 3 varietas ikan koi yaitu Sanke, Kohaku dan Showa.

Varietas ikan koi pertama yang akan dibahas adalah Kohaku, jenis ikan ini memiliki warna dasar putih dan memiliki tanda merah atau HI di atasnya. Dalam komunitas pecinta ikan koi, ada istilah yang sering digunakan, yaitu dimulai dan berakhir dengan kata kohaku. Biasanya pecinta ikan koi pemula akan memiliki ikan koi Kohaku sebagai ikan pertama yang akan dipelihara, lalu setelah mencoba memelihara ikan koi varietas lainya, ia akan kembali lagi memelihara Kohaku. Ikan koi Kohaku banyak dipilih karena Kohaku merupakan ikan yang sederhana namun anggun dan juga elegan.

Dalam klasifikasi ikan koi, Kohaku masuk dalam kategori yang disebut Gosanke. Ikan Kohaku yang baik biasanya memiliki warna putih bersih dan cemerlang, bisa dibilang warna putihnya seperti salju. Sedangkan warna merahnya tajam seperti warna merah bata atau merah darah. Komposisi warna merah dalam ikan Kohaku berkisar 50 hingga 70% dan warna merahnya tidak memiliki campuran warna kuning atau orange. Bila mencari cara memilih koi Kohaku, Sanke, Showa уаng bagus, khususnya untuk ikan Kohaku, anda harus memperhatikan kombinasi warna tersebut.

Cara Memilih Ikan Koi


Gambar ikan koi kohaku kontes
Koi Kohaku

Saat memilih ikan Kohaku muda, ada beberapa yang harus dipertimbangkan terkait perkembangan ikan koi di masa depan, tidak hanya mempertimbangkan kecantikan ikan koi tersebut di masa sekarang. Mengapa begitu?

Karena sama seperti hewan lainnya, kondisi dan juga kualitas dari ikan koi dapat berubah seiring berjalannya waktu. Kemampuan seorang pecinta ikan koi dalam memprediksi masa depan ikan koi sangatlah dibutuhkan.

Karena dengan kemampuan ini anda bisa mendapatkan ikan koi dengan harga yang murah tapi di masa depan nanti ikan koi tersebut dapat berkembang dengan bagus. Kemampuan seperti ini adalah kemampuan yang tumbuh dengan semakin banyaknya pengalaman yang dimilikinya. Ada beberapa kemungkinan munculnya spot hitam pada HI ikan koi atau warna putih pada Kohaku yang belum terlihat saat ikan Kohaku masih muda, tapi spot tersebut akan muncul saat ikan sudah menjadi lebih besar, nantinya Kohaku tersebut akan menjadi Sanke namun dengan komposisi warna hitam yang lebih sedikit. Untuk ikan Kohaku, anda harus memastikan bahwa tidak ada tanda hitam atau merah, hanya ada warna putih saja. dan untuk batas tepi atau kiwa, masing-masing warnanya harus tajam seperti bekas di iris silet.

Baca juga: Kandungan Penting dalam Makanan Ikan Koi

Mengenal varietas ikan Kohaku membutuhkan waktu yang cukup banyak, apalagi bila anda benar-benar ingin mencari tahu bagaimana cara memilih koi Kohaku, Sanke, Showa уаng bagus. Namun jangan menyerah, pada pembahasan kedua akan dibahas ikan koi Sanke. Ikan koi Sanke adalah ikan koi dengan kombinasi 3 warna seperti yang sempat disinggung di atas. Di tubuhnya terdapat warna merah, hitam dan juga putih. Sama seperti ikan Kohaku, ikan Sanke masuk dalam klasifikasi Gosanke. Dalam bahasa jepang, ikan Sanke disebut juga dengan sebutan Taishio Sansoku. Dibandingkan dengan ikan Kohaku, ikan koi Sanke lebih sering masuk dalam kategori utama dalam perlombaan ikan koi, karenanya tidak mengherankan apabila banyak orang yang menyukai ikan Sanke.

Seperti ikan Kohaku, ketajaman warna pada tubuh ikan akan menjadi salah satu kriteria ikan koi yang berkualitas. Pola warna hitam pada ikan Sanke harus memiliki warna hitam pekat dan juga warna yang tegas. Begitu juga dengan warna putihnya yang seputih salju. Sekilas warna ikan Sanke mirip dengan Kohaku, hanya berbeda satu warna saja. Hal tersebut tidaklah mengherankan karena ikan Sanke adalah hasil persilangan dari Shiro Bekko dan Kohaku. Shiro Bekko merupakan ikan koi berwarna putih yang memiliki spot hitam di atas kepalanya. Jenis ikan Sanke ini pertama kali ditemukan di Nigata, tepatnya kota Ojiya, dari situlah akhirnya ikan Sanke mulai dikembangkan.

Baca juga: Jenis Ikan Koi Tercantik di Dunia

Dari pertanyaan bagaimana cara memilih koi Kohaku, Sanke, Showa уаng bagus, sudah 2 terjawab, yaitu untuk ikan Kohaku dan ikan Sanke. Sekarang saatnya beralih ke ikan Showa. Dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya, ikan Showa lebih sulit diprediksi masa depannya karena pada ikan Showa yang masih kecil bisa terjadi perubahan yang cukup drastis.

Bagi pecinta ikan koi yang senang dengan tantangan, biasanya mereka akan memelihara ikan Showa. Dalam memelihara ikan Showa pun dibutuhkan ketelitian dan keahlian tersendiri, karena itulah pecinta ikan koi yang masih pemula tidak pernah memelihara ikan Showa.

Untuk melihat perkembangan ikan Showa ketika masih muda, harus dipastikan bahwa tubuhnya panjang, simetris dan juga ramping. Kemudian dari segi warna, warna hitam nampak jauh atau tidak begitu jelas terlihat. Ikan Showa dengan warna hitam seperti ini disebut sebagai modern Showa. Dan pada bagian insangnya tidak akan berubah warnanya hingga dewasa. Namun warna hitam diatas warna merah masih terlihat seperti sebuah kotoran, namun ketika warna tersebut sudah menjadi lebih tebal, warna-warna tersebut akan menjadi pola warna yang indah. Selanjutnya adalah warna merah, pada ikan Showa yang masih muda warna merahnya lebih terlihat seperti warna orange. Namun lama-kelamaan warna orange akan berubah menjadi merah. Warna merah dari ikan Showa sedikit berbeda dengan ikan Kohaku karena warna merah pada ikan Kohaku terlihat lebih halus.

Baca juga: Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Tips Memilih Ikan Koi Berkualitas Bagus


Seperti itulah penjelasan cara memilih masing - masing ikan koi yang bagus. Untuk cara cara memilih koi Kohaku, Sanke, Showa уаng bagus secara umum, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Memiliki bentuk tubuh yang bagus, biasanya memiliki bentuk seperti torpedo dengan warna yang cerah dan cemerlang.
  2. Kulit atau sisik ikan yang terlihat mengkilap.
  3. Kiwa atau batas tepi yang tajam (batas tepi dari setiap warna terlihat tegas).
  4. Warna yang rata, tidak ada yang lebih gelap ataupun lebih terang.
  5. Memiliki pola yang seimbang.

Labels: Ikan koi

Thanks for reading Bagaimana Cara Memilih Koi Kohaku, Sanke, Showa Yаng Bagus Untuk Diperlombakan?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Memilih Koi Kohaku, Sanke, Showa Yаng Bagus Untuk Diperlombakan?"