Bagaimana Cara Mengeluarkan Warna Arwana Dengan Teknik Tanning Agar Harganya Naik?

tanning arwana

blogikan.com - Ada sebagian orang yang percaya bahwa dengan memelihara ikan dengan baik maka rejeki akan menjadi lebih lancar, terutama bila memelihara ikan dengan tubuh yang panjang serta ekor dan sirip yang mengembang seperti ikan Arwana. Ikan dari air tawar ini sangatlah populer dan menjadi dambaan diantara jenis-jenis ikan lainnya. Karena demand atau permintaan yang tinggi, tidak heran bila harga satu ekor ikan Arwana sangat mahal hingga jutaan rupiah. Selain demand yang tinggi, pasti ada alasan lain mengapa harga ikan Arwana begitu mahal.

Usut punya usut, ternyata ikan Arwana dengan warna tubuh yang lebih terang dibandrol dengan harga selangit. Dan ternyata untuk mendapatkan warna yang bagus seperti itu dibutuhkan perawatan yang rumit. Salah satu caranya adalah dengan tanning. Bagi pecinta ikan Arwana yang ingin mengeluarkan warna ikannya dengan baik biasanya ingin tahu cara mengeluarkan warna Arwana dengan teknik tanning.

Namun sebelum masuk ke topik tersebut, bagi pecinta ikan Arwana pasti anda tahu bahwa sangat sulit untuk memelihara ikan Arwana. Dibutuhkan perhatian lebih terutama pada air dan juga lampu yang digunakan. Bisa dibilang bahwa kedua hal ini memiliki dampak yang sangat besar terkait keberlangsungan hidup dari ikan Arwana. Airnya harus selalu bersih, bila air sudah menjadi kotor maka harus segera diganti, apalagi bila ternyata ikan Arwana tersebut sedang dalam proses tanning untuk membuat warnanya menjadi lebih cerah. Berikut adalah penjelasan terkait air yang digunakan untuk memelihara ikan Arwana:

  • Bila menggunakan air PAM atau menggunakan air sumur, air tersebut harus disaring terlebih dahulu karena biasanya air dari kedua sumber tersebut masih kotor.

  • Bila menggunakan air gunung atau air yang berasal dari mata air tidak perlu lagi disaring karena sudah bersih.


  • Ikan Arwana dengan warna merah cerah memiliki daya tarik tersendiri, tidak sedikit yang meyakini bahwa ikan Arwana dengan warna seperti itu akan mendatangkan kemakmuran. Lebih mendatangkan kemakmuran daripada hanya sekedar memelihara ikan Arwana dengan warna yang biasa. Namun untuk mendapatkan warna merah yang cerah dari warna merah biasa dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, yaitu sekitar 1 hingga 1,5 tahun.

    Sedangkan untuk ikan Arwana berwarna emas lebih sulit atau hampir tidak mungkin untuk di tanning menjadi warna merah, namun bila anda berhasil mengubah warnanya menjadi merah, hasil yang didapatkan akan sangat bagus.

    Baca juga: Cara Merawat Ikan Arwana

    Berbeda dengan ikan Arwana yang berwarna putih karena warna putih akan lebih mudah di tanning untuk menjadi warna merah. Untuk ikan Arwana dengan dasar warna yang gelap juga sama susahnya dengan yang berwarna emas, bila ada kesalahan dalam proses tanning maka dapat membuat kulit ikan Arwana menjadi terlihat seperti gosong. Walaupun cara mengeluarkan warna Arwana dengan teknik tanning jenis-jenis warna ikan Arwana sama, namun effort yang diperlukan berbeda.

    Proses Tanning Ikan Arwana


    Proses tanning ikan arwana

    Proses tanning sangatlah populer di kalangan pecinta ikan Arwana. Mereka melakukan tanning pada ikan Arwana dengan berbagai alasan, misalnya warna asli ikan Arwana peliharaan terlihat kusam dan ingin menonjolkan warnanya menjadi lebih bagus, atau ingin mengikutkan ikan Arwana miliknya dalam kontes. Semakin tajam dan cerah warna ikan Arwana akan membuat kualitasnya menjadi lebih tinggi dan pastinya nilai jualnya juga akan ikut naik. Karenanya mereka berlomba-lomba mendapatkan warna ikan Arwana yang bagus. Dan cara tanning merupakan salah satu cara untuk mendapatkan warna ikan Arwana yang lebih cerah.

    Hanya saja cara mengeluarkan warna Arwana dengan teknik tanning tidaklah semudah itu. Ada berbagai kriteria yang harus dimiliki oleh ikan Arwana apabila ingin menggunakan tanning, selain itu ada trik yang harus diperhatikan selama proses tanning agar hasilnya bagus. Kriteria yang diperlukan oleh ikan Arwana bila ingin di tanning adalah setidaknya ikan tersebut harus memiliki ukuran 35 cm, tidak boleh lebih kecil dari itu. Proses tanning juga dilakukan dengan memberikan penyinaran khusus pada sisik ikan Arwana agar sisiknya jadi lebih terpigmentasi.

    Baca juga: Jenis Ikan Arwana Termahal

    Memilih Lampu Tanning untuk Arwana


    Lampu tanning arwana

    Proses tanning sendiri menggunakan lampu UV yang memiliki UV A dan UV B dengan spektrum yang cukup tinggi, yaitu dengan intensitas 10.000 hingga 16.000 kelvin. Biasanya lampu yang digunakan memiliki watt sebesar 30 hingga 40, namun hal tersebut tergantung dengan ukuran akuarium yang digunakan. Ada dua jenis lampu UV yang biasa dipakai, yaitu lampu plant growth yang memiliki warna cenderung merah dan actinic blue yang memiliki warna cenderung biru. Walaupun anda bisa memilih salah satu jenis lampu tersebut, namun bila ingin menggunakan keduanya secara bersamaan pun tidak masalah, malah banyak yang menggunakan 2 lampu plant growth dan 1 lampu actinic blue.

    Dalam memilih lampu, ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan agar anda tidak salah dalam memilih jenis lampu. Berikut adalah faktor-faktor tersebut:

    1. Jenis ikan Arwana
    2. Warna yang ingin didapatkan
    3. Ukuran akuarium
    4. Kombinasi jenis lampu yang ingin digunakan
    5. Reflector atau casing yang diinginkan

    Cara Tanning Ikan Arwana


    Setelah anda penjelasan panjang lebar di atas, sekarang saatnya mengetahui cara mengeluarkan warna Arwana dengan teknik tanning. Pasti anda sudah tidak sabar bukan?
    Hal pertama yang harus anda siapkan adalah ikan Arwana yang akan di tanning. Pastikan kondisi ikan tersebut dalam keadaan prima, mulai dari fisiknya yang bagus, ukuran setidaknya 35 cm dan jenis ikan Arwana yang akan di tanning. Untuk melihat kondisi ikan Arwana, anda bisa memperhatikan apakah ikan tersebut lincah atau tidak, apakah makan dengan lahap dan apakah sisik terlihat mengkilap. Tidak ada patokan usia berapa umur minimal atau maksimal ikan Arwana yang dapat di tanning. Namun selama permukaan sisik mulai terlihat membentuk ring, maka proses tanning pada ikan Arwana tersebut dapat dilakukan.

    Hal kedua adalah menyiapkan akuarium yang akan digunakan. Ingat, pemilihan lampu tanning harus disesuaikan dengan ukuran akuarium. Yang penting dalam pemilihan akuarium adalah ikan Arwana masih dapat berenang di dalam akuarium, jadi akuariumnya tidak boleh terlalu sempit.

    Hal ketiga adalah memilih lampu tanning, ada banyak merek yang bisa anda pilih. Namun pastikan anda memilih jenis lampu tanning yang sesuai dengan ikan Arwana dan ukuran akuarium anda.

    1. Siapkan cover lampu agar cahaya lampu yang memantul ke dalam akuarium tidak menyilaukan.
    2. Penempatan lampu bisa disesuaikan dengan bagian mana dari ikan Arwana yang akan di tanning.
    3. Durasi tanning tidak boleh terlalu lama, maksimal 12 jam per harinya. Karena bila terlalu lama dapat menyebabkan ikan Arwana mati.

    Baca juga: Jenis Penyakit Ikan Arwana

    Seperti itulah cara mengeluarkan warna Arwana dengan teknik tanning, semoga anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas dengan baik dan bisa mendapatkan warna ikan Arwana yang cerah. Apabila ada yang masih membingungkan, anda bisa bertanya dengan komunitas ikan Arwana yang ada.

    Labels: Ikan arwana

    Thanks for reading Bagaimana Cara Mengeluarkan Warna Arwana Dengan Teknik Tanning Agar Harganya Naik?. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengeluarkan Warna Arwana Dengan Teknik Tanning Agar Harganya Naik?"