Penyebab Dan Cara Menghilangkan Busa Pada Kolam Ikan Koi

Gambar kolam ikan koi banyak buih atau busa

blogikan - Punya kolam ikan koi? Pernah nggak kolam ikan anda muncul busa? Bagaimana cara anda mengatasinya? Atau jangan-jangan anda masih mencari-cari cara menghilangkan busa pada kolam ikan koi? Adanya busa pada kolam ikan sangat mengganggu pemandangan dan juga keindahan dari kolam ikan milik anda. Biasanya busa pada kolam akan menempel pada daerah di pinggir kolam. Walaupun anda sudah rutin membersihkan kolam, busa akan terus muncul bila tidak dibersihkan dari akarnya.

Cara menghilangkan busa pada kolam ikan koi pun dilakukan dengan cara khusus. Beberapa kasus bahkan mengharuskan menghilangkan busa dengan cara mengganti 3/4 bagian air kolam. Tapi tetap saja cara tersebut tidak bisa dilakukan bila penyebab munculnya busa pada kolam ikan anda berbeda dengan kasus di atas. Untuk itulah anda harus mengetahui penyebab dari munculnya busa pada kolam ikan koi terlebih dahulu. Berikut adalah penyebab-penyebabnya:

Baca juga: Cara Memelihara Ikan Koi untuk pemula

Penyebab Buih Pada Kolam Ikan Koi


Kadar DOC Tinggi

DOC atau dissolved organic compound yang tinggi dapat menyebabkan busa pada kolam. DOC dapat terbentuk dari urin ikan yang larut dalam air dan juga sisa makanan ikan yang larut air.

Kadar CO2 meningkat

Peningkatan CO2 terjadi karena banyak plankton yang mati bersamaan. Kadar CO2 yang tinggi tidak hanya menyebabkan timbulnya busa saja, namun juga membuat kolam menjadi lebih keruh dan pekat.

Ledakan Alga

Fenomena ini terjadi karena proses pemupukan kolam yang berlebihan atau terlalu banyak menggunakan katalis plankton. Hal ini menyebabkan populasi alga dalam kolam menjadi lebih banyak dan tidak terkendali. Populasi alga yang terlalu banyak menyebabkan kolam menjadi berbusa.

Proses Penggaraman

Biasanya penggaraman dilakukan untuk menstabilkan pH air setelah diguyur hujan besar. Garam ikan juga digunakan untuk terapi dan pencegahan penyakit pada ikan. Tapi jangan khawatir, efek busa yang diakibatkan oleh proses penggaraman hanya bersifat sementara dan dapat kembali normal lagi.

Setelah tahu apa saja penyebab busa pada kolam ikan koi anda, anda bisa menyesuaikan cara menghilangkan busa pada kolam ikan koi dengan penyebab tersebut. Karena bila anda mengatasi busa dengan cara yang salah, yang ada malah ikan koi anda bisa mati. Berikut adalah cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan busa:

Cara Menghilangkan Busa Pada Kolam Koi


  1. Mengurangi Kadar DOC
    Gunakan protein skimmer untuk menyaring protein terlarut di dalam air. Protein skimmer banyak digunakan pada akuarium air laut, namun anda juga bisa menggunakannya pada kolam ikan koi anda.
  2. Mengganti Air Secara Berkala
    Mengganti air secara berkala juga dapat menurunkan kadar DOC, hanya saja anda tidak boleh mengganti air secara keseluruhan. Volume air yang diganti cukup 10-20% saja. Bila mengganti air terlalu banyak hanya akan membuat ikan koi menjadi stress.
  3. Membersihkan Filter Kolam
    Bila anda menggunakan filter zeolite, anda harus membersihkannya di luar kolam. Setelah dibersihkan, rendam zeolite dengan air garam. Kemudian anda bilas zeolite dengan air bersih dan pasang lagi di kolam.
  4. Meningkatkan Sirkulasi Air
    Cara ini hanya bisa dilakukan untuk anda yang memiliki kolam berukuran kecil. Dengan membuat sirkulasi air yang cepat, anda bisa menghindari penumpukan kotoran pada kolam. Selain itu anda juga meningkatkan aliran di permukaan kolam untuk memecah busa. Namun jangan sampai lupa memperhatikan aerasi dan juga filter untuk memberikan oksigen yang cukup di dalam kolam. Jumlah oksigen yang kurang dapat mempercepat bakteri pengurai dan bisa menurunkan suhu air.

Baca juga: 5 Tanda Ikan Koi Sakit dan Tips Mengobatinya

Labels: Ikan koi

Thanks for reading Penyebab Dan Cara Menghilangkan Busa Pada Kolam Ikan Koi. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Menghilangkan Busa Pada Kolam Ikan Koi"