Ini Dia Informasi Harga Ikan Oscar Terbaru Saat Ini

Harga ikan oscar

blogikan - Ikan Oscar, bagi pecinta ikan mungkin adalah hal yang biasa, namun bagi yang bukan penggemar ikan, ketika mendengar kata-kata "Oscar" yang terpikirkan mungkin adalah piala Oscar, sebuah ajang penghargaan bagi film terbaik di Amerika. Ikan Oscar memang tidak sepopuler ikan mas koki, ikan cupang dan juga ikan arwana, namun ikan Oscar memiliki daya tarik sendiri sehingga ada komunitasnya.

Karakteristik yang paling terlihat dari ikan Oscar adalah ikan ini memiliki sifat yang sangat agresif. Tidak heran jika melihat sifatnya karena ikan Oscar berasal dari sungai Amazon yang ada di Brazil, sungai yang terkenal karena di dalamnya juga terdapat ikan piranha pemakan daging. Ikan Oscar yang sudah dewasa dapat mencapai 40 cm (panjang) dengan berat hingga 3 kg. Untuk masa hidupnya pun terbilang cukup lama karena bisa lebih dari 10 tahun, bahkan ada yang mencapai 14 tahun. Bagaimana dengan harga ikan Oscar? Tergantung dari masing-masing jenis ikan Oscar, namun biasanya relatif cukup tinggi.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Oscar

Secara umum, ikan Oscar memiliki warna yang cukup unik dengan warna dasar hitam dan tambahan corak di berbagai bagian tubuhnya dengan warna kuning, oranye dan juga merah. Selain ikan Oscar dengan warna dasar berwarna hitam, ikan Oscar juga ada yang memiliki warna dasar putih, yaitu ikan Oscar albino. Disebutkan di atas bahwa ikan Oscar dapat tumbuh hingga panjangnya 40 cm, namun ada beberapa jenis ikan Oscar yang hanya bisa tumbuh hingga 30 cm saja. Ikan Oscar juga tidak kalah pintar dengan hewan peliharaan lainnya lho. Jika kalian ingin melatihnya, ikan Oscar bisa melompat hingga keluar dari permukaan air dengan ketinggian hingga 15 cm. Ikan dengan nama latin Astronotus ocellatus ini memiliki banyak sekali spesies selain ikan Oscar albino, apalagi para pecinta ikan hias banyak melakukan kawin silang antar spesies ikan Oscar yang berbeda sehingga didapatkan jenis ikan yang baru.

Namun diantara sekian banyak jenis ikan Oscar, ada beberapa jenis ikan Oscar yang paling diminati oleh pecinta ikan hias.

Harga Ikan Oscar Terbaru


Harga ikan oscar albino

Ikan Oscar Albino


Jenis ikan yang pertama ini adalah ikan Oscar dengan harga yang paling mahal namun juga paling unik dan cantik. Mengapa bisa mahal? Karena ikan Oscar albino sangat jarang ditemui dan sulit sekali dibudidayakan. Karena keunikannya, banyak orang rela merogoh kocek sangat dalam untuk membeli ikan ini. Tak jarang ada yang mau mendatangkan langsung ikan Oscar albino dari luar negeri. Ciri yang paling jelas dari ikan ini adalah warna dasarnya yang berwarna putih dengan pola corak bintik-bintik bludru berwarna emas yang kemerahan. Matanya berwarna merah menyala dan ukuran siripnya cukup lebar.

Harga ikan Oscar albino untuk anakan dengan ukuran 10-15 cm adalah 45-55 ribu rupiah per ekornya, untuk ikan dewasa dengan ukuran 30-35 cm adalah 130-150 ribu rupiah per ekor.

Ikan Oscar Red


Ikan Oscar jenis red adalah salah satu ikan Oscar yang cukup populer dan sering dicari oleh pecinta ikan hias. Sifatnya sama seperti ikan Oscar jenis lainnya, yaitu agresif sehingga tidak bisa disatukan dengan jenis-jenis ikan yang lain, alasannya selain sifatnya yang agresif adalah karena ikan Oscar memakan ikan-ikan lain yang berukuran lebih kecil. Ciri dari ikan Oscar red adalah warna dasar tubuhnya merah keorangean, ada warna hitam di sisi kepala, sirip dan juga ekornya. Untuk ukurannya, ikan Oscar red bisa mencapai panjang 50 cm ketika berusia 10 tahun.

Harga ikan Oscar red hampir sama mahalnya dengan ikan Oscar albino. Untuk anakannya memiliki harga 35-45 ribu rupiah dan ikan dewasanya dihargai 110-125 ribu rupiah.

Ikan Oscar Slayer


Ciri dari ikan Oscar slayer adalah siripnya yang panjang dan juga lebar. Jenis ikan ini sebenarnya adalah jenis ikan Oscar yang mengalami kelainan genetik. Namun karena kelainannya itulah ikan Oscar slayer memiliki keunikan yang tidak didapatkan dari jenis ikan Oscar lainnya. Karena keunikannya inilah harga ikan Oscar slayer lebih mahal daripada ikan Oscar albino, untuk anakannya memiliki harga 50-65 ribu rupiah dengan ikan dewasanya dihargai 140-160 ribu rupiah.

Ikan Oscar Tiger


Warna ikan Oscar tiger terlihat sangat garang, karena warnanya adalah kombinasi dari warna dasar hitam abu-abu dengan pola yang berwarna oranye atau merah. Sifatnya sangat agresif dan lebih senang menyendiri. Dibandingkan dengan jenis ikan Oscar lainnya, ikan Oscar tiger masih belum banyak dilakukan kawin silang, sehingga ikan jenis ini masih murni. Walaupun begitu harganya tidaklah terlalu mahal. Untuk anakannya bisa anda beli dengan harga 30-40 ribu rupiah dan ikan dewasanya bisa anda beli dengan harga 90-110 ribu rupiah.

Ikan Oscar Batik


Banyak yang mengira bahwa ikan Oscar tiger dan ikan Oscar batik adalah jenis ikan yang sama, padahal keduanya adalah jenis ikan Oscar yang berbeda. Kalau anda perhatikan dengan lebih teliti, anda akan melihat perbedaan pada corak keduanya. Pada ikan Oscar batik, ikan ini memiliki ciri warna hitam sebagai warna dasarnya dengan corak bintik-bintik seperti ikan Oscar albino. Sekilas corak ini terlihat seperti batik, karena itulah jenis ikan Oscar ini disebut sebagai ikan Oscar batik.

Harga ikan Oscar batik tidak terlalu jauh dengan ikan Oscar tiger, yaitu anakannya dihargai 20-30 ribu rupiah dan ikan dewasanya diberi harga 75-90 ribu rupiah.

Ikan Oscar Hitam


Sama seperti ikan Oscar albino, ikan Oscar hitam juga sulit untuk ditemukan. Karena untuk mendapatkan ikan Oscar hitam, anda harus mendapatkan keturunan dari ikan Oscar tiger yang memiliki kelainan genetik. Ikan Oscar hitam memang memiliki warna dominan hitam, tapi ia masih memiliki sedikit corak berwarna silver. Karena cukup langka, anda harus merogoh kocek hingga 85 ribu per ekornya.

Ikan Oscar Lemon


Tahukah anda buah lemon? Lemon memiliki warna kuning, begitu juga dengan ikan Oscar lemon. Yang membedakannya hanyalah pada ujung sirip ikan Oscar lemon terdapat warna hitam atau putih. Harga ikan Oscar lemon cukup mahal, untuk mendapatkannya anda harus mengeluarkan uang sebanyak 150 ribu rupiah.

Baca juga: Ciri Ciri Ikan Oscar yang bagus

Karena harganya cukup mahal, namun perawatannya tidaklah sesulit itu. Yang paling penting ketika memelihara ikan Oscar adalah kualitas air yang anda gunakan dan harus menjaga kondisi air agar selalu bagus. Dengan begitu ikan Oscar dapat tumbuh dengan baik dan selalu sehat. Berikut adalah tips merawat ikan Oscar:

Tips Cara Merawat Ikan Oscar


  1. Berikan cahaya yang cukup. Bisa cahaya dari lampu, tidak perlu cahaya matahari langsung.
  2. Berikan akuarium yang cukup besar karena ikan Oscar dapat tumbuh mencapai 40 cm.
  3. Bersihkan air akuarium dengan bantuan kondensor.
  4. Jaga suhu air dalam akuarium 23-27°C dan jangan tempatkan di bawah sinar matahari langsung.

Baca juga: 6 Cara Merawat Ikan Oscar dengan Maksimal

Labels: Ikan oscar

Thanks for reading Ini Dia Informasi Harga Ikan Oscar Terbaru Saat Ini. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ini Dia Informasi Harga Ikan Oscar Terbaru Saat Ini"