Daftar Jenis Ikan Komet Yang Harus Diketahui

Jenis ikan komet

Ikan komet memiliki beberapa jenis yang harus dipahami. Setidaknya ada sekitar 16 jenis ikan komet yang bisa dipilih untuk menghias akuarium. Jangan sampai ketika sudah membelinya, anda kecewa karena tidak sesuai dengan ikan yang anda harapkan. Meskipun secara umum ikan komet memiliki ciri yang sama antara satu jenis dengan yang lainnya.

Akan tetapi secara garis besar, ciri khusus ini menentukan nilai jual ikan karena keunikan yang dimiliki oleh masing-masing jenis ikan berbeda antara satu dengan lainnya. Selain menentukan nilai jualnya, ciri khas dari masing-masing jenis sangat berpengaruh terhadap selera antara satu dengan lainnya di dalam pilihan kolektor.

Ada beberapa jenis ikan komet yang bisa dimiliki bahkan dijadikan koleksi. Diantaranya adalah:

Beberapa Jenis Ikan Komet


Jenis Ikan komet slayer


Jenis pertama dari ikan komet adalah ikan komet slayer merah. Dinamakan demikian karena ekornya yang menjuntai panjang seperti membentuk sebuah slayer yang indah dan panjang. Ciri khas ikah komet dari jenis slayer merah ini terdapat pada bagian ekornya.

Ekornya yang khas berwarna merah terang disertai dengan ekor yang panjang membuat ikan ini menjadi sangat indah. Bahkan bentuk dari ekornya bisa dikatakan mirip dengan sebuah slayer yang biasa dikenakan ketika musim dingin tiba.

Selain itu, ukuran tubuh dari ikan komet slayer merah merupakan yang paling kecil diantara yang lainnya.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ikan Komet

Jenis Ikan Komet Merah

Jenis yang berikutnya dari ikan komet adalah dari jenis ikan komet merah. jenis ikan komet tersebut memiliki ciri khas yang membedakan dari yang lainnya.

Yakni tubuhnya seluruhnya berwarna merah. Seluruh tubuhnya selain sirip dan juga ekornya berwarna merah. Sedangkan untuk bagian ekor dan juga sirip tidak berwarna merah. Itulah yang membedakan ikan komet merah dengan yang lainnya. Perbedaan warna yang sangat mencolok tentu saja membuat ikan komet merah sangat digemari oleh pecinta ikan hias.

Bukan hanya itu saja ciri khususnya. Ada ciri khusus lainnya yakni ikan ini memiliki bentuk tubuh yang relatif pipih jika dibandingkan dengan yang lainnya

Jenis ikan komet sara

jenis ikan komet yang berikutnya adalah ikan komet sara. Dari jenis ikan ini, anda akan mendapatkan ciri khas yang cukup detail. Yakni bagian tubuhnya memiliki warna dominan putih.

Sedangkan warna merah hanya akan ditemukan pada bagian atas kepalanya saja. Hal ini yang membuat ikan sara ini menjadi sangat unik. Meskipun pola warnanya hanya dominan warna putih dan hanya akan ditemukan bercak merah pada bagian kepalanya saja, akan tetapi jenis ikan ini banyak yang menyukai.

Sehingga ketika air ikan tersebut kotor, maka tubuhnya akan terlihat dengan jelas. Apabila kondisi air akuarium yang digunakan untuk memelihara ikan ini selalu bersih maka ikan akan terlihat jelas pula. Kelebihan itulah yang dijadikan andalan untuk para kolektor ikan hias mengapa memilih jenis ikan ini pada akuarium yang dimiliki.

Jenis ikan komet hitam putih

Berikutnya ada ikan komet hitam putih. Ikan komet hitam putih seperti namanya memiliki struktur warna tubuh hanya terdiri dari dua warna yakni warna hitam dan warna putih. Struktur warna ini merupakan warna yang sederhana. Bagi yang menyukai kesederhanaan di dalam kolam akuarium, maka akan memilih jenis ikan ini. ikan komet hitam putih memiliki pola warna hitam dan putih yang sangat rapi. Warna hitam putih yang tertata dengan sempurna inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari ikan komet hitam putih di mata para kolektor.

Baca juga: Daftar Makanan Ikan Komet

Ikan komet yang memiliki jenis sekitar 16 jenis memiliki perbedaan dalam hal fisiknya. Meskipun jenis ikan komet yang diperjual belikan cukup banyak, namun biasanya para kolektor ikan hias akan mencari beberapa jenis saja yang sesuai dengan selera.

Secara keseluruhan, pola warna yang dimiliki oleh ikan komet memang sangat unik. Itulah alasannya mengapa ikan komet sangat disukai oleh para kolektor. Penataan warnanya yang sangat indah disertai pergerakannya yang anggun membuat ikan komet sangat mudah dijadikan koleksi. Termasuk untuk tujuan hoby yang menghibur.

Ikan komet yang secara detail merupakan jenis ikan yang memiliki dua ekor menjuntai ini merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipilih oleh kalangan kolektor. Alasannya adalah gerakannya yang sangat anggun menjadikan ikan ini bergerak seolah sedang bernyanyi sambil menari. Oleh karenanya, tidak heran jika para kolektor ikan hias biasanya akan memiliki beberapa jenis sekaligus untuk melengkapi koleksinya di dalam akuarium yang disediakan di dalam rumah.

Baca juga: Panduan Cara Budidaya Ikan Komet

Memiliki beberapa koleksi ikan komet tentu tidak akan rugi. Jadi memiliki jenis ikan ini untuk koleksi akan sangat memberikan hiburan karena memang memiliki jumlah yang cukup banyak jenisnya. Memang warnanya yang sangat membuat pemiliknya hilang stres ketika memandangnya. Apalagi jika memiliki akuarium yang besar dan diisi dengan jenis ikan yang banyak dengan banyak warna di dalam akuarium.

Labels: Ikan komet

Thanks for reading Daftar Jenis Ikan Komet Yang Harus Diketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Daftar Jenis Ikan Komet Yang Harus Diketahui"