Daftar Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik yang perlu anda ketahui

Makanan terbaik untuk ikan cupang

Mengenal jenis makanan ikan Cupang terbaik sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan Cupang. Saat ini, ikan cupang menjadi salah satu jenis ikan yang cukup banyak digemari oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sekalipun akan senang dengan jenis ikan satu ini.

Harganya yang murah, serta perawatannya yang mudah membuat semua orang ingin memelihara ikan cupang. Jika Anda merupakan salah satu penggemar ikan Cupang, maka wajib sekali untuk mengetahui jenis makanan bergizi untuk ikan Cupang. Berikut ini beberapa jenis makanan ikan cupang yang bisa dijadikan pilihan.

Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik dan Bergizi Tinggi


1. Cacing Sutra


Gambar cacing sutra

Cacing Sutra atau yang biasa dikenal dnegan Res Water Worms merupakan jenis makanan yang cukup mudah didapatkan. Anda bisa mendapatkan di selokan-selokan dekat rumah Anda. Akan tetapi, jika Anda merasa jijik, maka Anda bisa membeli ke pedagang cupang dengan harga yang sangat terjangkau.

Cacing sutra sangat bagus untuk pertumbuhan cupang dikarenakan bisa membuat tubuh cupang semakin sempurna bahkan dalam waktu yang singkat. Sebelum diberikan, sebaiknya Anda bersihkan terlebih dahulu menggunakan air agar bersih. Mengingat kotoran yang menempel bisa menimbulkan penyakit.

Baca juga: Tips Cara Memelihara Ikan Cupang buat Pemula

Anda juga bisa membudidayakan sendiri. Akan tetapi, Anda harus rajin membersihkan tempat penampungannya. Hal itu dikarenakan cacing air ini memiliki potensi untuk mengotori bagian wadah ikan.

2. Jentik Nyamuk


Pakan ikan cupang jentik nyamuk

Jentik nyamuk ini dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan protein yang bagus untuk pertumbuhan ikan cupang. Jentik nyamuk sangat bagus untuk pertumbuhan Cupang yang masih kecil.

Anda bisa menemukan jenis makanan ini dengan mudah karena jentik nyamuk banyak ditemukan disekitar lingkungan Anda. Anda bisa memberikan jentik nyamuk yang masih larva dengan ciri-cirinya berdiri terbalik pada permukaan air.

Hindari untuk tidak memberikan jentik nyamuk yang sudah menjadi kepompong dikarenakan bisa membuat perut cupang buncit serta membuat cupang mudah sakit.

3. Kutu Air


Pakan ikan cupang

Bisa dikatakan jika kutu air ini menjadi jenis makanan favoritnya ikan Cupang. Akan tetapi, kutu air tidak bisa membuat pertumbuhan menjadi cepat dikarenakan kandungan lemaknya yang sedikit.

Meskipun demikian, kutu air dikenal memiliki khasiat untuk membuat tulang kuat serta menjadikan warna cupang semakin bagus. Anda bisa menemukan kutu air di lingkungan persawahan.

Namun, sayang sekali jenis makanan satu ini tidak mudah untuk dibudidayakan. Pasalnya umurnya pendek serta rentan terkena perubahan suhu. Untuk itu, tidak heran jika kutu air biasa dijual dengan harga yang lebih mahal.

4. Cacing Darah


Jenis makanan ikan cupang cacing darah

Sebanarnya, cacing darah atau yang biasa disebut dengan bloodwon ini merupakan larva dari nyamuk Chinomus sp. Cacing ini banyak dijual ketika sudah dibekukan. Bukan hanya itu saja, banyak juga penjual yang menjual cacing darah setelah keadana kering.

Karena kandungan proteinnya tidak terlalu banyak, maka jenis makanan ini kurang bagus jika dijadikan sebagai makanan sehari-hari. Ikan Cupang juga kurang tertarik dengan jenis makanan satu ini, terlebih jika sudah dikeringkan sebelumnya. Dengan demikian, maka cacing darah sebaiknya dijadikan sebagai makanan alternatif saja.

Baca juga: Ciri dan Tips Cara Melati Ikan Cupang Aduan

5. Microworms


Gambar Microworms

Jenis makanan satu ini sangat pas diberikan untuk cupang yang masih kecil. Dikenal dengan nama mikro, karena memang ukurannya sangat kecil. Mengenai ukurannya sendiri yaitu sekitar 0,5 sampai 2 mm saja. Makanan satu ini memiliki gerak gerik yang sangat lincah, sehingga tidak heran jika mampu mengundang perhatian.

Microworms juga sangat mudah untuk dibudidayakan. Cukup dengan membeli bibitnya kemudian masukkan dalam wadah toples.

6. Kuning Telur


Makanann satu ini bisa diberikan kepada ikan cupang kecil ataupun ikan cupang dewasa. Anda cukup mengukus kuning telur sampai matang kemudian berikan sedikit demi sedikit. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak memberikan kuning telur terlalu sering karena bisa membuat kotor serta mengganggu kesehatan.

7. Artemia


Daftar makanan ikan cupang jenis Artemia

Artemia ini sejenis udang kecil yang bisa diberikan kepada ikan cupang anakan. Artemia bisa menjadi makanan alternatif ketika Anda sulit untuk mendapatkan jenis bahan makanan lain untuk ikan cupang kesayangan Anda.
Mengenai jenisnya, artemia yang baru saja menetas yang sebaiknya Anda berikan kepada cupang. Untuk ukurannya yaitu sekitar 0,4 mm sehingga mudah untuk dimakan. Dikarenakan berasal dari laut, maka jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.

8. Vineger Eel


Gambar Vineger Eel

Jenis makanan ini seperti belut yang banyak bergerak dilingkungan air. Namun belut jenis ini hadir dengan ukuran yang sangat kecil sehingga sangat sulit jika dilihat secara langsung dengan mata telanjang.

Sama seperti jenis makanan microworm, makanan ini juga sangat bagus ketika diberikan kepada anakan ikan. Anda juga bisa membudidayakannya sendiri menggunakan bantuan apel serta cuka apel.

Baca juga: Jenis dan Tips Cara Mengobati Penyakit Ikan Cupang

Mengenal jenis makanan ikan cupang terbaik tentu sangat membantu pengetahuan. Semoga beberapa uraian di atas bisa bermanfaat.

Labels: Ikan cupang

Thanks for reading Daftar Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik yang perlu anda ketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Daftar Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik yang perlu anda ketahui"