Jenis Makanan Ikan Arwana Terbaik

Makanan terbaik ikan arwana dari semua jenis

Blogikan.com - Sebagai orang yang memelihara ikan arwana, mengenal jenis makanan ikan Arwana terbaik merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Dengan memberikan makanan yang tepat, maka ikan juga akan tumbuh dengan maksimal. Lebih dari itu, ikan juga akan nampak cantik dan terawat.

Perlu juga untuk Anda ketahui jika keindahan ikan Arwana ini ternyata bisa pudar jika pemberian warnannya tidak tepat. Dengan demikian, maka Anda harus pintar dalam menentukan serta memberikan makanan untuk ikan Arwana. Berikut ini beberapa daftar makanan untuk ikan Arwana yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Jenis Makanan Ikan Arwana Terbaik untuk Arwana Kecil dan Remaja


Gambar Ikan arwana golden red
Arwana golden red

Ikan Arwana yang kecil serta yang sudah dewasa tentu memiliki jenis makanan yang berbeda, mengingat kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan antara kedua jenis ikan tersebut sudah pasti berbeda. Bukan hanya nutrisi saja, melainkan makanan yang diberikan juga berbeda. Makanan untuk ikan Arwana kecil diantaranya adalah cacing sutra, kutu air hingga cacing darah.

Berbeda dengan ikan Arwana remaja, dimana ikan Arwana remaja ini bisa Anda beri makan berupa ikan kecil, anakan katak, serangga dan cacing beku. Mengenai waktu pemberiannya, Anda bisa memberinya makan di pagi hari sekitar jam 07.00 - 08.00 dengan menu makan berupa jangkrik serta belalang. Jika memberi makan belalalang, pastikan bagian kakinya sudah dibuang.

Baca juga: Ciri-ciri Ikan Arwana Kekurangan Oksigen

Dilanjutkan dengan memberikan makan diantara jam 10.00 - 11.00 dengan memberi menu makan berupaka anakan katak 1 ekor untuk 1 ikan Arwana remaja. Kemudian dengan memberikan makanan berupa anakan katak di jam 16.00 - 17.00 sebanyak 1 ekor juga.

Terdapat hal penting ketika memberikan makan untuk ikan arwana remaja, yaitu dengan memberikan makan yang memiliki kandungan protein. Mengingat ikan Arwana remaja membutuhkan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Kebutuhan protein yang tinggi tentu akan membuat ikan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat.

Jenis Makanan Ikan Arwana Terbaik untuk Arwana Dewasa


Makana ikan arwana irian
Ikan arwana irian

Mengenai jenis makanannya, untuk ikan Arwana remaja dan dewasa juga sangat berbeda. Ikan Arwana yang sudah dewasa tidak membutuhkan jenis makanan untuk mempercepat pertumbuhannya. Jenis makanan yang dibutuhkan untuk ikan Arwana Dewasa berupa jenis makanan yang mampu menjaga kualitas warna ikan supaya lebih bagus dan berstamina.

Kodok

Kodok disebut sebagai jenis makanan terbaik karena sangat bagus untuk pertumbuhan. Kodok memiliki kandungan lemak serta daging yang bagus untuk pertumbuhan ikan Arwana. Akan tetapi, jangan memberikan jenis makanan ini terlalu sering. Pasalnya ikan Arwana bisa berwarna pucat jika terlalu sering diberi makan jenis ini.

Perhatikan juga apakah ikan Anda senang ketika diberi makan berupa kodok. Karena terdapat beberapa ikan yang tidak doyan dengan jenis makanan ini.

Udang

Sama seperti jenis makanan lain, udang termasuk dalam jenis makanan yang bagus untuk ikan Arwana. Udang bisa membuat perubahan warna ikan lebih cepat. Anda bisa memberikan ikan ketika keadaan segar ataupun saat beku.

Akan tetapi, banyak orang yang senang dengan udang beku karena memiliki kemasan yang praktis. Ketika akan memberikan udang untuk Arwana dewasa, sebaiknya Anda buang terlebih dahulu srungut yang ada di dalam udang. Mengingat sungut tersebut bisa melukai ikan Arwana kesayangan Anda.

Baca juga: Tips Cara Tanning Ikan Arwana

Jangkrik

Jangkrk dikenal kaya akan kandungan betacarotene. Berkat kandungan tersebut, maka jangkrik sangat cocok dijadikan sebagai makanan utama untuk ikan Arwana dewasa. Selain itu, jangkrik juga mampu membuat warna pada ikan Arwana semakin bagus. Khusus untuk jenis ikan Arwana Golden dan Super Red, jangkrik sangat pas dijadikan pilihan.
Jika akan memberikan jangkrik untuk makan ikan, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu kondisi jangkrik tersebut. Selain itu, jangan lupa juga untuk memotong semua kaki pada jangkrik sebelum akhrnya diberikan ke ikan.

Kelabang

Kelabang termasuk dalam daftar makanan terbaik untuk ikan Arwana. Sama halnya dengan jangkrik, Kelabang mampu membuat warna ikan Arwana menjadi lebih cerah berkat kandungan betacarotennya.

Akan tetapi, jenis makanan ini memiliki harga yang lebih mahal jika Anda menjadikannya sebagai makanan utama. Selain itu, jika Anda sering memberi makan berupa kelabang, maka ikan Arwana bisa jadi tidak mau makan jenis makanan lain. Untuk itu, sebaiknya kelabang hanya digunakan sebagai makanan selingan saja.

Ikan Kecil

Ikan kecil ini hanya boleh digunakan sebagai makanan selingan saja. Anda bisa memberikannya seminggu sekali. Hal ini dikarenakan ikan kecil memiliki kandungan berupa bibit penyakit.

Kecoa

Kecoa dikenal sebagai jenis binatang yang kotor, jorok dan menjijikkan. Akan tetapi untuk ikan Arwana, kecoa merupakan jenis makanan yang menyehatkan. Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, maka mampu mengembalikan stamina pada ikan Arwana.

Selain itu, juga bisa membuat nafsu makan pada ikan Arwana meningkat. Dengan demikian, ketika ikan Arwana sedang tidak nafsu makan, kecoa bisa Anda jadikan sebagai pilihan makanan terbaik.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ikan Arwana

Memberikan makan pada ikan tidak boleh sembarangan. Dengan memberikan jenis makanan yang tepat, tentu ikan akan tumbuh dengan maksimal.

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading Jenis Makanan Ikan Arwana Terbaik. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis Makanan Ikan Arwana Terbaik"