Ikan Green Terror : Ciri-Ciri, Pakan dan Merawat

Ikan Green Terror termasuk dalam ikan (Perciformes) dan bersirip pari.

Green Terror Cichlid adalah ikan air tawar yang unik dan memiliki cukup banyak penggemar di komunitas akuarium. Ikan green terror atau nama ilmiahnya andinoacara rivulatus berasal dari lembah sungai tropis yang bergerak lambat di Peru dan Ekuador, ikan ini banyak digemari oleh penghobi ikan hias di seluruh dunia karena penampilannya yang mengesankan.

Umur rata-rata Green Terror Cichlid adalah antara 7 dan 10 tahun. Beberapa faktor dapat berkontribusi pada umur mereka secara keseluruhan. Cukup berikan mereka perawatan terbaik dan menjaga kondisi air dalam kondisi yang baik.

Ikan Green Terror

  • Tingkat Perawatan: Menengah
  • Temperamen: Agresif
  • Ciri Warna: Hijau dan biru
  • Umur: 7-10 tahun
  • Ukuran: 12 inci
  • Makanan: Omnivora
  • Keluarga: Cichlidae
  • Ukuran Tangki Minimum: 35 galon untuk tunggal, 75 galon untuk sepasang
  • Pengaturan Tangki: Air Tawar dengan gua persembunyian dan arus sedang

Ikan Green Terror termasuk dalam ikan (Perciformes) dan bersirip pari, yang berarti sirip mereka dibentuk oleh jaring kulit bertulang yang melekat pada tubuh mereka. Ikan ini pertama kali diidentifikasi dan ditemukan oleh G√ľnther pada tahun 1860. Mereka memiliki warna biru metalik dan hijau cerah.

Ciri-Ciri Perilaku

Ikan Green Terror

Green Terror adalah ikan benthopelagik, yang berarti tidak akan bertahan dalam kisaran kedalaman tertentu. Ia akan bebas berenang melintasi akuarium dan mencari makanan dari permukaan hingga bagian bawah akuarium.

Spesies Cichlid ini sangat agresif dan teritorial, betina seringkali lebih agresif daripada jantan. Semakin tua ikan akan semakin agresif dan teritorial. Ikan ini bisa sangat agresif terhadap ikan lain terutama selama musim pemijahan.

Oleh karena itu, saya menyarankan ikan dengan ukuran yang sama saat berdampingan ikan lainnya di akuarium. Ikan yang lebih kecil harus dihindari karena kemungkinan besar akan dibunuh atau dimakan.

Ciri-Ciri Penampilan

    Berikut ciri-ciri fisik ikan green terror antara lain;
  • Termasuk ikan air tawar.
  • Seperti namanya, sebagian besar tubuh berwarna-warni dan ditutupi dengan warna hijau.
  • Warna betina cenderung lebih kusam daripada jantan.
  • Ikan usia muda cenderung memiliki rona biru keperakan.
  • Ikan green terror bersirip pari Ukuran tubuh betina lebih kecil daripada jantan.
  • Jantan mempunyai jenong didahi terbuat dari jaringan lemak.
  • Jantan memiliki warna biru dan hijau metalik cerah dengan garis oranye di sepanjang tepi sirip ekor dan punggung.
  • Betina tidak mempunyai garis-garis oranye yang ikonik.

Tankmate

Green Terror paling baik dipelihara dengan ikan dengan ukuran dan temperamen yang sama.

    Ikan-ikan berikut ini dapat berdampingan dengan green teror;
  1. Cichlid Managuense
  2. Jack Dempsey
  3. Firemouth
  4. Louhan
  5. Characins Besar (seperti Bleeding Heart Tetras)
  6. Loricariid (seperti Pleco)
  7. Gar
  8. Silver dolar
  9. Pacu
  10. Severum
  11. Convict Cichlid

Mereka tidak boleh dipelihara dengan ikan yang lebih kecil seperti Corydoras dan African Cichlids karena ikan yang lebih kecil ini kemungkinan akan dibunuh. Juga, Corydoras bisa mematikan karena duri mereka dapat menembus mulut Cichlid dan akhirnya menyebabkan kematiannya.

Ingatlah untuk tidak menyimpan pasangan yang dikawinkan di akuarium selama pemijahan karena mereka menjadi sangat ganas dan agresif. Karena itu, ikan dengan temperamen serupa maka tidak akan diganggu.

Memelihara dan merawat

Perawatan Green Terror Cichlid relatif mudah seperti spesies lain dalam keluarga Cichlid, ikan ini adalah ikan yang tangguh. Mereka dapat beradaptasi dengan baik dalam berbagai kondisi air.

Meski begitu, ada beberapa panduan yang perlu anda ikuti. Seperti semua ikan lainnya, Green Terror Cichlid akan tumbuh dengan baik ketika mereka berada di lingkungan dengan kualitas air yang optimal.

Ukuran akuarium : Ikan ini saat dewasa akan menjadi lebih besar, maka buat akuarium yang dapat lebih leluasa berenang mengelilingi akuarium. Paling tidak, kebanyakan penghobi ikan hias mengatakan anda membutuhkan akuarium minimal berukuran 35 galon. Namun, kami merekomendasikan menambahkan hingga 50 galon air untuk hasil terbaik.

Ikan Green Terror adalah perenang bebas yang membutuhkan banyak ruang untuk menjelajah. Akuarium 50 galon yang lebih besar akan memberikan ruang yang cukup untuk hidup dengan nyaman dan sifat agresifnya terhadap ikan lain.

Jika Anda berencana memiliki dua Green Terror Cichlids, buatlah tangki setidaknya 75 galon. Sebagai aturan praktis yang baik, tambahkan 35 galon sebagai ruang untuk setiap Cichlid Green Terror yang Anda simpan.

Parameter Air : Kunci untuk menjaga Green Terror Cichlid bahagia dan sehat adalah dengan menciptakan kembali habitat alami mereka di akuarium Anda. Di alam liar, ikan ini hidup di sungai yang alirannya lambat. Untuk pembersihan, saya sarankan untuk melakukan penggantian air 20 persen setiap minggu.

    Berikut adalah parameter penting yang harus diikuti:
  • Suhu air: 68 hingga 80 derajat Fahrenheit (Suhu ideal antara 72 dan 77 derajat Fahrenheit)
  • Tingkat pH: 6,5 hingga 8,0
  • Kesadahan air: 5 hingga 20 dGH

Aquascape : Saat Anda merencanakan dekorasi akuarium Anda, yang terbaik adalah tetap menggunakan barang-barang alami. Cichlids Green Terror adalah ikan air tawar tropis yang membutuhkan mulai dari tanaman hingga formasi batuan.

Mulai dari bagian bawah akuarium, substrat berpasir lebih disukai. Pasir adalah bahan yang aman dan nyaman yang memungkinkan perilaku dari ikan ini tanpa menimbulkan bahaya. Hindari menggunakan kerikil besar. Ikan kadang-kadang bisa memakan batu-batu kecil, yang menyebabkan cedera fisik.

Pakan

Di alam liar, Green Terror Cichlid adalah ikan karnivora. Namun, di penangkaran, mereka adalah pemakan yang sangat oportunistik. Mereka adalah omnivora yang suka memiliki pola makan yang beragam.

Untuk memberikan variasi pada makanan mereka, Anda dapat menambahkan beberapa makanan hidup atau beku. Mereka tidak terlalu pilih-pilih, jadi silakan bereksperimen dengan semua jenis makanan kaya protein.

Udang-udangan, cacing, ikan kecil, dan bahkan jangkrik adalah pilihan yang baik. Kami merekomendasikan memberi makan ikan Anda dua kali setiap hari dan hanya memberi mereka cukup makanan yang bisa mereka makan dalam beberapa menit. Jika Anda membesarkan remaja, Anda dapat menyediakan tiga kali makan untuk membantu mereka tumbuh.

Hallo saya adalah penulis di blog bunghuda.com. Saya blogger biasa, cuma kebetulan suka menulis tentang dunia blogging.